Doa agar Senantiasa Dijauhkan dari Kefakiran

Doa agar Senantiasa Dijauhkan dari Kefakiran
Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock
GAYA | 20 Januari 2022 02:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kefakiran adalah satu kondisi di mana seseorang tidak memiliki apa pun di dalam hidupnya. Kondisi ini biasanya dianggap sebagai peringatan atau ujian bagi umat Islam.

Fakir kadang disamakan dengan miskin, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda. Kefakiran berarti tidak ada sesuatu untuk menjalankan hidup, bisa dibilang kekurangan yang sangat.

Tidak bisa dimungkiri, kefakiran dapat berpengaruh terhadap keimanan. Karena kondisi ini dapat menstimulus seseorang berbuat apa saja, bahkan yang melanggar aturan.

Lebih berbahaya lagi, kefakiran juga dapat mengganggu keimanan. Orang bisa menggadaikan imannya akibat fakir yang dia alami. Nah, agar terhindar dari kondisi ini, istiqamahkan untuk membaca doa ini.

2 dari 4 halaman

Doa Dijauhkan dari Kefakiran

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma inni a'udzubika minal kufri wal faqri. Allahumma inni a'udzubika min 'adzabil qabri la ilaha illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan kecuali Engkau."

3 dari 4 halaman

Doa Menghindarkan Diri dari Merasa Selalu Kekurangan Dalam Rezeki

Satu hal yang perlu kita sadari sebagai manusia adalah perasaan yang tidak pernah puas. Kita akan selalu merasakan kekurangan atas apa yang sudah didapat. Banyak yang sering lupa jika kondisi mereka sebetulnya lebih baik dibandingkan orang lain yang jauh lebih kekurangan.

Sudah bisa punya sesuatu, muncul keinginan lainnya. Ketika keinginan itu terpenuhi, muncul lagi keinginan lain. Jadinya, kita terjebak dalam jeratan nafsu.

Lebih parah lagi jika sampai tergoda dengan milik orang lain dan muncul motivasi agar bisa seperti orang tersebut. Padahal, ada bahaya mengintai yaitu dorongan untuk melakukan segala cara terutama yang diharamkan agama.

Jika kita terus menuruti nafsu, kepuasan tidak akan pernah didapat. Ketenangan dan ketentraman hidup menjadi semakin jauh.

Di sinilah pentingnya mengendalikan diri agar kita senantias bersykur dan tidak terus merasa kekurangan dalam hidup.

Untuk mencegah hal itu, dianjurkan membaca doa di bawah ini.

4 dari 4 halaman

Doa Mencegah Rasa Kekurangan

اَللَّهُمَّ اِكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma Ikfina bikhalalika 'an kharamika wa bitho'atika 'an ma'shiyatika wa bi fadllika 'amman siwaka.

Artinya,

"Ya, Allah, cukupilah kami dengan yang halal sehingga kami tidak menyentuh yang haram, dengan ketaatan kepada-Mu, sehingga kami tidak mendekati kedurhakaan dan dengan anugerah-Mu, sehingga kami tidak menoleh kepada selain Engkau."

Reporter: Ahmad Baiquni
Sumber: Dream.co.id

(mdk/tsr)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami