Doa Saat Cuaca Panas dan Matahari Terik, Baca Agar Diringankan dalam Berkegiatan

Doa Saat Cuaca Panas dan Matahari Terik, Baca Agar Diringankan dalam Berkegiatan
Ilustrasi cuaca panas. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pakhnyushcha
GAYA | 14 April 2021 15:47 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Salah satu godaan terberat saat bulan Ramadan adalah menjalankan ibadah puasa di tengah cuaca yang panas. Apalagi jika matahari sedang bersinar terik. Tentunya menjalankan aktivitas jadi terasa kurang nyaman. Jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi saat berbuka, bisa-bisa malah jadi dehidrasi.

Menjaga kondisi tubuh tetap fit saat menjalankan puasa di tengah cuaca panas sangat direkomendasikan. Tak ada salahnya juga memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberi ketahanan dan keringanan dalam menjalankan aktivitas maupun ibadah di tengah cuaca yang terik.

Doa Saat Cuaca Panas dan Matahari Terik

اللهم خفف عنا وعن المسلمين، اللهم قِنا شر هذا الحر واحمنا منه ومما يحمل من أذى، اللهم لا تجعل فيه المرض ولا الهلاك لأحدٍ من عبادك، اللهم خفف حرارة الشمس وأثرها علينا، اللهم أجرنا من نار جهنم يا رحيم، اللهم أجرنا من حر جهنم يا غافر الذنب وقابل التوبة يا غفور يا رحيم.

Allahumma Khaffif ‘Anna wa ‘ani al-Muslimiin, Allahumma qina syarra haadza al-harr, wahminaa minhu wa mimmaa yaḥmilu min adzaa, Allahumma Laa Taj’al fiihi al-maradh wa laa al-halaak li ahadin min ‘ibaadika. Allahumma khaffif haraarata as-syamsi, wa atsarahaa ‘alaynaa. Allahumma ajirnaa min naari jahannama yaa Rahiim. Allahumma Ajirnaa min harri jahannama yaa Ghaafira ad-dzanb, wa Qaabila at-taubah, Ya Ghafuur, Ya Rahiim.

Artinya:

"Ya Allah, ringankanlah dari kami dan kaum muslimin. Ya Allah, selamatkan kami dari bahaya panas ini, lindungilah kami dari panas ini dan dari penyakit yang dibawanya. Ya Allah jangan engkau jadikan pada panas ini penyakit dan kebinasaan bagi siapapun dari para hamba-Mu. Ya Allah, ringankanlah panas matahari ini dan dampaknya bagi kami. Ya Allah, selamatkan kami dari api neraka wahai Yang Maha Pengasih. Ya Allah, selamatkan kami dari panas neraka wahai Yang Maha Mengampuni dosa, Maha Menerima taubat.Wahai Allah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih."

Nah, silakan baca doa di atas jika Anda harus beraktivitas di tengah cuaca panas dan matahari yang terik.

Reporter: Sulung Lahitani
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Catat! Ini Waktu Paling Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan
Amalan Sunah saat Bulan Ramadhan, Dianjurkan Rasulullah Pahalanya Luar Biasa
Doa Menyambut Ramadan Sesuai Amalan Rasulullah SAW, Berikut Arti dan Keutamaannya
Digelar Setelah Gempa, Tradisi Megengan Sambut Ramadan di Jatim Bikin Haru
Bacaan Niat Zakat Fitrah Hingga Keutamaannya, Wajib Diketahui

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami