Ekor Kucing Mendadak Mengembang, Apa Artinya?

Ekor Kucing Mendadak Mengembang, Apa Artinya?
©shutterstock
GAYA | 16 Mei 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Ekor kucing bukan hanya menggemaskan, tapi juga jadi salah satu caranya untuk menunjukkan suasana hatinya. Mulai dari ekornya yang bergoyang sebagai tanda tegang hingga mengangkatnya tinggi-tinggi di udara sebelum menyerang dengan agresif. Jika ekor kucing tampak mengembang hingga dua kali lipat lebih besar, apa artinya? Simak penjelasannya berikut ini!

Mekanisme Alami

muezza baru
©shutterstock

Ekor kucing mengembang saat otot di kulitnya merespon sinyal hormon saat mengalami stres. Terkadang, bulu di punggungnya juga akan menggembung bersama dengan ekornya. Ternyata bukan hanya kucing, hewan lain juga melakukan reaksi alami tersebut yang dikenal dengan piloereksi. Beberapa burung akan mengembangkan bulunya sebagai caranya menakut-nakuti pemangsa.

Gejolak Emosi

muezza baru
©shutterstock

Ekor kucing yang mengembang biasanya diikuti dengan punggung melengkung dan desisan. Begitu juga bulu di badannya yang ikut mengembang dengan ekor yang terangkat tinggi, ini merupakan reaksi alami terhadap lonjakan adrenalin.

Kondisi ini biasa dilakukan anabumu saat baru saja dikejutkan atau ditakuti. Membuat dirinya terlihat lebih besar, hewan peliharaanmu siap untuk menakuti musuh potensial, seperti kucing lain yang memasuki wilayahnya.

Agresif

muezza baru
©shutterstock

Jika kucingmu menurunkan ekornya yang mengembang secara tiba-tiba atau mengarahkannya ke bawah, sikapnya bukan lagi bertahan tapi siap untuk menyerang. Pemilik anabul mungkin familiar dengan pemandangan ini saat melihat hewan peliharaannya berhadapan dengan hewan baru lain di lingkungan itu dan tak butuh waktu lama untuk melancarkan serangan.

Cegah Sebelum Menyerang

Memahami penyebabnya membuatmu lebih mudah untuk mengatasinya. Kalau kucingmu mengembangkan ekornya karena terkejut, kamu bisa membiarkannya hingga merasa tenang dengan sendirinya.

Jika aksi agresifnya dipicu oleh hewan atau hal lain di lingkungannya, bawa kucingmu ke ruangan lain untuk membantu meredakan emosinya. Mengenalkannya dengan hewan baru pun sebaiknya dilakukan secara perlahan dan terus diawasi, ketimbang memaksanya untuk berinteraksi sepanjang waktu.

Beri kucing tempat yang aman untuk menyendiri dan membuatnya merasa lebih aman. Tawarkan treat berupa cat food yang sehat dan juga menggugah selera makan kucing seperti Muezza. Brand makanan kucing kering ini hanya dibuat dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Nutrisi di dalamnya terjaga sehat, juga dengan kadar yang seimbang, tidak kurang dan tidak berlebihan.

muezza baru
©muezza

Selain membantu menjaga kesehatan kucing, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi lebih leluasa mengurus hewan peliharaanmu, termasuk memegang cat food, menyimpannya bersama bahan makanan lainnya, mencuci wadah makan di tempat cuci piring, hingga membawanya bepergian.

Muezza sendiri tersedia dalam 4 varian rasa yang disukai kucing kesayanganmu, seperti Tuna Flavor yang jadi varian terlaris, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. mendapatkan cat food berkualitas ini pun tak sulit, cukup pesan secara online di Shopee maupun Tokopedia! [eth]

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami