Eksotisme Gumuk Pasir Sumalu yang Jadi Kebanggaan Baru Toraja

GAYA » MALANG | 4 Februari 2019 02:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Terpesona dengan keindahan Painted Hills yang ada di Oregon? Atau mungkin kamu kepincut dengan uniknya Rainbow Mountain yang ada di Peru. Padahal di Indonesia juga ada objek wisata sejenis yang tak kalah indahnya. Namanya adalah Gumuk Pasir Sumalu.

Gumuk Pasir Sumalu ©Instagram/lesmanpasaribu


Toraja tak cuma punya tradisi pemakaman unik. Di sana juga ada Gumuk Pasir Sumalu yang bisa jadi tujuan wisata bergengsi.

Gumuk Pasir Sumalu merupakan objek wisata tergolong baru yang ada di Sumalu, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara. Awalnya tempat ini lebih dikenal dengan nama Bukit Pa'buyan.

Gumuk Pasir Sumalu ©Instagram/lesmanpasaribu


Dia juga populer disebut Gumuk Pasir Toraja. Namun sekarang dia lebih dikenal netizen dengan nama Gumuk Pasir Sumalu atau Bukit Pasir Sumalu.

Gumuk Pasir Sumalu ©Instagram/arifin_wongso


Pemandangan yang ditawarkan Gumuk Pasir Sumalu adalah hamparan perbukitan pasir yang memuncak dan melandai dengan ketinggian acak. Dipadu dengan alur bergelombang dengan lapisan warna yang mungkin terbentuk oleh tiupan angin. Jika dilihat sekilas memang mirip dengan Painted Hills.

Gumuk Pasir Sumalu ©Instagram/permatavina


Gumuk Pasir bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 45 menit dari Rantepao. Setelah sampai di lokasi, pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk mencapai gumuk pasir.

Baca juga:
Pesona Pulau Sombori, Miniatur Raja Ampat punya Sulawesi Tengah
6 Surga Wisata Buku Buat Para Bibliophile di Kota Malang
Berdayung Ria Menyusuri Sungai Amazon Mini di Kondang Buntung
Hutan Pinus Mangunan, Spot Keren Seindah Hutan Forks di Twilight
Monumen Simpang Lima Gumul, Wisata Indonesia Rasa Luar Negeri Punya Kediri

(mdk/tsr)