Fun Facts Soal Makanan Kucing, Menarik Lho

Fun Facts Soal Makanan Kucing, Menarik Lho
Fun Facts Soal Makanan Kucing, Menarik Lho. ©2021 Merdeka.com
GAYA | 16 Januari 2021 07:36 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Memilih makanan kucing yang tepat jadi salah satu cara terbaik untuk menjaminnya tetap sehat dan happy di masa depan. Sering jadi tantangan tersendiri, beberapa fakta unik soal cat food berikut ini bisa membantumu memastikan nutrisi terbaik untuk kucing kesayanganmu.

Hanya bisa mencerna 30% makanan manusia

fun facts soal makanan kucing menarik lho
©2021 Merdeka.com

Kebanyakan hewan peliharaan mendapatkan makanan yang sama dengan pemeliharanya. Tapi hal ini tidak berlaku untuk kucing karena sistem pencernaannya yang berbeda. Faktanya, kucing hanya bisa mencerna hingga 30% makanan rumahan. Untuk meningkatkan nutrisinya, bisa menambahkan biji-bijian, sayuran maupun ikan.

Doyan makanan yang sama

fun facts soal makanan kucing menarik lho
©2021 Merdeka.com

Berbeda dengan hewan peliharaan lainnya, kucing justru menyukai makanan yang sama setiap harinya karena memudahkan kerja sistem pencernaannya. Tapi ada juga beberapa kucing yang jadi pemilih soal makanannya dan berisiko mengalami masalah kesehatan. Selain mengubah pola makan secara bertahap, pemilik bisa mencoba memberikan 2-3 cat food yang berbeda untuk memberikan variasi rasa dan meningkatkan nafsu makannya.

Hanya berikan susu pada anak kucing

fun facts soal makanan kucing menarik lho
©2021 Merdeka.com

Bisa jadi sumber vitamin dan lemak, susu ternyata sulit dicerna oleh kucing. Hanya perlu diberikan pada anak kucing hingga usianya 3 bulan, kucing dewasa tidak memiliki enzim yang dapat mencerna kandungan laktosa pada susu dan berujung gangguan kesehatan sistem pencernaannya.

Makanan manis dan asin

fun facts soal makanan kucing menarik lho
©2021 Merdeka.com

Kucing memiliki 473 pengecap pada lidahnya. Uniknya, lidah kucing tak bisa merasakan manis tapi akan mengecap sensasi rasa lainnya seperti lemak.

Begitu juga menambahkan garam pada makanannya tidak akan membuat kucing lebih menyukainya. Sebaiknya, sajikan cat food dalam suhu ruang atau lebih hangat yang akan mengingatkan naluri kucing saat memangsa hewan buruannya di alam liar.

Dry food jadi pilihan kebanyakan cat owner karena lebih praktis dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing. Tapi cara penyimpanan yang kurang tepat berpotensi memicu perubahan aroma, rasa maupun nutrisinya. Untungnya, efek ini bisa dicegah dengan memilih wadah kedap udara dan rutin memeriksa tanggal kedaluwarsanya.

fun facts soal makanan kucing menarik lho
©instagram/datslunacat

Tapi hal ini menimbulkan masalah baru saat pemilik kucing kesulitan menemukan wadah dan lokasi penyimpanan cat food di dalam rumah. Nah, saatnya beralih ke makanan kucing halal seperti Muezza. Sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, kualitas cat food ini berasal dari pemilihan bahan alami yang diolah dengan teknologi modern dan bebas bahan sintetik.

fun facts soal makanan kucing menarik lho
©instagram/datslunacat

Kini, pemilik kucing tak perlu cemas saat terkena liur hewan peliharaannya, leluasa menyimpan cat food, membersihkan peralatan makan di tempat cuci piring hingga memegang dan memberikan makanannya secara langsung. Halal, lezat dan bernutrisi, Muezza menawarkan 4 varian rasa dan aroma yang bisa dibeli di marketplace langgananmu, seperti Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia  (mdk/aki)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami