Ikuti International Hospitality Expo di India, Kemenpar Promosikan Kuliner Indonesia

GAYA | 11 Agustus 2019 16:03 Reporter : Mega Rachmawati

Merdeka.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama KBRI New Delhi – India, berpartisipasi dalam International Hospitality Expo, 7-10 Agustus 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di India Expo Center & Mart Greater Noida, India, dengan mempromosikan Wonderful Indonesia Culinair. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Kemenpar kepada KBRI New Delhi. Khususnya, untuk memperingati 70 tahun Hubungan Diplomatik RI–India.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, Wonderful Indonesia Culinair merupakan promosi pariwisata melalui pendekatan kuliner. Sebab, Indonesia memiliki beragam jenis kuliner yang layak diangkat ke pasar internasional.

"Kita punya banyak jenis makanan atau kuliner yang memiliki cita rasa luar biasa. Tentunya tak kalah jika dibandingkan dengan kuliner-kuliner dari negara lain. Melalui kegiatan ini, kita ingin ajak wisatawan Indonesia untuk berwisata kuliner di Indonesia," ujarnya, Jumat (9/8).

Kegiatan IHE dilanjutkan dengan Indonesian Food Festival yang berlangsung di Leela Palace Hotel New Delhi, 11-14 Agustus mendatang.

"IHE dan Indonesian Food Festival memiliki tujuan yang lebih kurang sama. Yaitu sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisman India melalui kuliner khas Indonesia," ungkapnya.

IHE dan Indonesian Food Festival, merupakan ajang pertemuan antara perusahaan yang bergerak di bidang hospitality dan diikuti oleh beberapa Negara. Termasuk Indonesia.

"5 celebrity chef Indonesia hadir untuk menyajikan hidangan-hidangan spesial yang menggugah selera. Mereka adalah Gupta Sitorus, Kevindra Soemantri, Yuda Bustara, Primo Rizky, dan Jovan. Mereka berkolaborasi menyajikan masakan khas Indonesia kepada para pengunjung pameran, dengan mengusung makanan khas dari destinasi prioritas 10 Bali Baru," tutur Asdep Pemasaran II Regional III Kemenpar Sigit Witjaksono.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Januari-Mei 2019, tercatat sebanyak 269.107 wisman India datang ke Indonesia. Jumlah ini meningkat sekitar 10% dari periode yang sama pada tahun 2018.

"Tahun ini, Kemenpar menargetkan 800 ribu wisman asal India. Artinya, kita masih perlu kerja keras untuk mencapai target tersebut. Salah satunya dengan melakukan promosi Wonderful Indonesia Culinair pada event IHE dan Indonesian Food Festival ini. Kita optimis target tersebut tercapai, karena India merupakan salah satu penyumbang wisatawan terbesar bagi Indonesia," tandasnya.

(mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT