Ini 5 Antioksidan Penting untuk Kulit Menurut Ahli Dermatologi

GAYA | 13 Juli 2019 13:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Mereka yang peduli kesehatan kulit pasti paham pentingnya antioksidan. Antioksidan dikenal karena manfaatnya dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel.

Sebenarnya radikal bebas dapat menetralisir virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Namun jika terlalu banyak ditampung dalam tubuh dapat mempengaruhi protein dan DNA dalam tubuh, sehingga memicu penyakit.

Faktor-faktor lingkungan seperti radiasi matahari, polusi udara, paparan zat kimia, dan asap rokok diketahui dapat memicu pembentukan radikal bebas.

Menurut Dr. Melisa Levin, ahli dermatologi berbasis di New York, sekarang ini banyak produk yang memiliki kandungan antioksidan ampuh untuk menangkal radikal bebas. Namun tak semuanya memiliki konsentrasi tinggi dan stabil untuk kulit.

Berikut ini Levin merekomendasikan beberapa jenis antioksidan penting untuk kulit seperti dilansir Self.

1 dari 5 halaman

Vitamin A

Sering disamakan dengan retinol atau asam tretinoin, vitamin A dikenal karena struktur molekulnya yang kecil sehingga memiliki kemampuan untuk menembus hingga ke lapisan terdalam kulit. Vitamin A dapat mempercepat pembaruan dan perbaikan sel.

Hampir sama dengan vitamin C, vitamin yang satu ini juga membantu produksi kolagen yang berguna untuk memperbaiki garis-garis halus dan kerutan. Vitamin A juga biasanya disarankan untuk mengatasi masalah pigmentasi yang diakibatkan sengatan matahari.

2 dari 5 halaman

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas, karena kemampuannya meningkatkan produksi kolagen. Namun perlu diingat bahwa vitamin C akan bekerja tidak stabil dan kehilangan potensinya ketika terkena sinar matahari.

Selain lewat serum atau suplemen, vitamin C juga bisa didapatkan dari bahan makanan. Misalnya jeruk-jerukan, mangga, tomat, kembang kol, brokoli, dan bayam.

3 dari 5 halaman

Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan organ tubuh, termasuk kulit. Sebagai antioksidan yang cukup kuat, vitamin E dikenal luas karena kemampuannya untuk mempercepat proses pemulihan kulit dan menurunkan risiko kanker kulit. Tak heran jika kandungan vitamin E banyak ditemukan dalam skincare.

Perlu diketahui, dosis penggunaan vitamin E juga berpengaruh dari aktivitasmu. Jika kamu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, maka semakin tinggi pula kebutuhan vitamin E tubuh.

4 dari 5 halaman

Curcumin

Antioksidan yang ditemukan pada rimpang kunyit ini berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Tak hanya itu, curcumin juga dapat melawan radikal bebas. Sifat antiinflamasi yang dimilikinya terbukti secara medis dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti psoriasis dan scleroderma.

5 dari 5 halaman

Resveratrol

Kandungan resveratrol secara alami dapat ditemukan di dalam kacang tanah, anggur merah dan buah-buahan beri. Tugasnya adalah melindungi kulit dari polusi udara, radiasi, hingga perubahan iklim ekstrem.

Resveratrol memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang juga cocok untuk menangkal jerawat. Juga mampu mendegradasi kolagen dan melindungi kulit dari pigmentasi.

Itulah berbagai jenis antioksidan yang bisa membantu perawatan kulit. Silakan coba produk skincare atau suplemen yang memiliki kandungan-kandungan ini untuk perawatan sehari-hari.

Sumber: Beauty Journal/Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
10 Manfaat kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi buah delima
Spirulina, si hijau yang kaya akan antioksidan
Tak disangka, antioksidan berkhianat dengan membela sel kanker!
Antioksidan ternyata dapat meningkatkan risiko kanker kulit
6 Makanan kaya antioksidan yang bisa melawan radikal bebas