Ini Alasan Rambut Sering Rontok Usai Melahirkan

GAYA | 23 Januari 2020 17:14 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kerontokan rambut yang terjadi setelah proses persalinan atau disebut juga dengan istilah postpartum hair loss dialami cukup banyak wanita. Ini adalah hal yang umum terjadi. Menurut American Pregnancy Association, kondisi tersebut dialami sekitar 40 hingga 50 persen ibu yang baru melahirkan.

Kerontokan rambut memang bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi wanita. Lalu apa saja yang harus diketahui tentang hal ini? Seperti dilansir Instyle, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kerontokan rambut usai melahirkan.

1 dari 3 halaman

Akibat Perubahan Hormon

Sama seperti beragam permasalahan tubuh lainnya yang datang selama kehamilan, kelahiran, dan masa sesudahnya, kerontokan rambut dikaitkan dengan adanya perubahan hormon. Menurut Debra Jaliman, M.D., asisten profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine, kerontokan rambut yang berlebihan setelah melahirkan secara langsung berkaitan dengan peningkatan hormon yang terjadi selama kehamilan.

"Setelah melahirkan, kadar hormon akan kembali normal dan rambut akan rontok dalam volume yang banyak," ujar Dr. Jaliman. Menurut Fayne Frey, M.D., ahli kulit dan pendiri Fry Face.

2 dari 3 halaman

Sifatnya Hanya Sementara

Jadi, jika kamu bertanya-tanya apakah dapat mencegah kerontokan rambut setelah melahirkan, jawabannya, tidak. Kerontokan rambut hanyalah sebuah siklus rambut yang tengah berusaha tumbuh kembali normal, jadi tidak perlu khawatir.

Walaupun kondisi ini jelas membuat frustasi, kedua dokter menambahkan bahwa kerontokan rambut bersifat sementara. Dr Jaliman mengatakan, kamu akan melihat rambut rontok yang berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan setelah melahirkan, dan akan kembali normal setelahnya.

3 dari 3 halaman

Perawatan yang Bisa Dicoba

Menurut Dr. Jaliman, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan pertumbuhan rambut yang sehat selama kamu kerontokan rambut berlangsung. Berikut cara-caranya:

  1. Hindari kuncir dan kepang yang terlalu ketat.
  2. Jangan memakai pengering rambut atau catokan bersuhu tinggi.
  3. Oleskan vitamin rambut secara rutin.
  4. Gunakan produk yang mengandung biotin.
  5. Konsumsilah makanan yang vitamin dan mineral.

Menurut Dr. Frey, Minoxidil yang dijual bebas, seperti Rogaine juga dapat membantu mengatasi kerontokan yang terjadi usai melahirkan. Kuncinya adalah sabar menunggu, lama-kelamaan kerontokan itu akan berhenti. Postpartum hair loss juga biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Jadi, tidak perlu takut jika ini terjadi padamu.

Reporter: Rafinda Eki Puspitasari
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Mengenal Tipe Rambut Kombinasi dan Cara Merawatnya
Penyebab Jerawat di Kulit Kepala dan 9 Cara Mengatasinya
7 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Secara Alami, Mudah Dipraktikkan
12 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Efek Samping yang Harus Diketahui
Khasiat-Khasiat Urang-Aring untuk Rambut Selain Menghitamkan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.