Postpartum Hair Loss: Ini Alasan Rambut Sering Rontok Usai Melahirkan

Postpartum Hair Loss: Ini Alasan Rambut Sering Rontok Usai Melahirkan
Ilustrasi rambut rontok. ©2012 Shutterstock/szefei
GAYA | 7 Februari 2021 23:30 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kerontokan rambut yang terjadi setelah proses persalinan atau disebut juga dengan istilah postpartum hair loss dialami cukup banyak wanita. Ini adalah hal yang umum terjadi. Menurut American Pregnancy Association, kondisi tersebut dialami sekitar 40 hingga 50 persen ibu yang baru melahirkan.

Kerontokan rambut memang bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi wanita. Lalu apa saja yang harus diketahui tentang hal ini? Seperti dilansir Instyle, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kerontokan rambut usai melahirkan.

Akibat Perubahan Hormon

Sama seperti beragam permasalahan tubuh lainnya yang datang selama kehamilan, kelahiran, dan masa sesudahnya, kerontokan rambut dikaitkan dengan adanya perubahan hormon. Menurut Debra Jaliman, M.D., asisten profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine, kerontokan rambut yang berlebihan setelah melahirkan secara langsung berkaitan dengan peningkatan hormon yang terjadi selama kehamilan.

"Setelah melahirkan, kadar hormon akan kembali normal dan rambut akan rontok dalam volume yang banyak," ujar Dr. Jaliman. Menurut Fayne Frey, M.D., ahli kulit dan pendiri Fry Face.

Baca Selanjutnya: Sifatnya Hanya Sementara...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami