Ini step by step 4-2-4 cleansing method untuk miliki kulit mulus ala Bae Suzy

GAYA | 18 Januari 2018 09:43 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kamu yang sudah menyaksikan drama Korea berjudul While You Were Sleeping pasti menyadari betapa mulusnya wajah tokoh Nam Hong-joo yang diperankan oleh Bae Suzy. Kira-kira bagaimana cara Suzy mendapatkan kulit wajah sesempurna itu?

Dari sekian banyak ritual kecantikan yang dipopulerkan para selebriti Korea, Suzy terkenal dengan 4-2-4 cleansing method. Katanya cara membersihkan wajah yang populer di Korea Selatan dan Jepang ini sangat ampuh untuk menjadikan kulit bebas masalah.

Menurut Julie Elliot, pendiri perusahaan kosmetik Fiore kepada W Magazine, 4-2-4 cleansing method sangat bagus untuk berbagai jenis kulit karena metode ini dapat merangsang kemampuan kulit untuk menyembuhkan diri sendiri. Kulit yang ekstra kering bakal menjadi lebih lembap. Kulit yang menunjukkan gejala penuaan bakal terasa lebih kencang dan kenyal. Sementara produksi minyak berlebih akan jadi lebih seimbang.

Berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menerapkan 4-2-4 cleansing method.

-Usapkan minyak pembersih (cleansing oil) pada wajah dan lakukan pemijatan selama 4 menit. Saat melakukan pijatan, tarik ke atas dan ke arah luar. Ini berguna untuk mengencangkan wajah.

-Usapkan cleanser berbasis sabun pada wajah, kemudian pijat kembali selama 2 menit.

-Cuci muka dengan air hangat dan pijat-pijat selama 4 menit. Selesaikan dengan menggunakan air dingin.

Manfaat pemijatan 4 menit dengan cleansing oil

Ilustrasi cleansing oil 2017 SimoneDigital.com


Pemijatan dengan cleansing oil berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, melembutkan permukaan kulit, dan mendorong keluarnya kotoran yang menyumbat pori-pori.

Kamu bisa menggunakan cleansing oil buatan produsen kosmetik yang biasanya sudah disesuaikan dengan masing-masing jenis kulit. Atau kamu juga bisa membuat cleansing oil sendiri dengan mencampurkan minyak astringent dan minyak pelembap. Perbandingannya antara 1:3 sampai 1:10.

Jenis minyak astringent yang biasa digunakan antara lain minyak lavender, rosehip, frankincense, hazelnut, dan biji anggur. Sementara minyak pelembap yang biasa digunakan biasanya adalah minyak yang memiliki konsistensi kental seperti minyak kelapa, zaitun, almond manis, aprikot, dan biji bunga matahari.

Manfaat pemijatan selama 2 menit dengan sabun muka

Cetaphil Face Wash StyleCraze


Setelah kotoran diangkat ke permukaan dengan cleansing oil, proses pembersihan masih belum tuntas. Biasanya masih ada kotoran yang menempel dengan bandel. Jadi diperlukan pembersih berbasis sabun untuk membersihkannya.

Pembersihan dengan sabun muka juga akan membantu menyingkirkan sisa minyak pembersih agar tidak menyumbat pori-pori.

Kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah dalam bentuk gel, foam, atau cream. Jangan sekali-sekali menggunakan sabun untuk tubuh karena formulanya terlalu keras untuk kulit wajah.

Manfaat pemijatan 4 menit dengan air hangat

Ilustrasi cuci muka 2017 i.huffpost.com


Setelah dibersihkan dengan sabun muka, seluruh pembersih akan disapu oleh air hangat. Setelah itu dilakukan pemijatan selama 4 menit lagi agar peredaran darah di wajah kembali lancar. Saat inilah kulit terangsang untuk memulihkan diri dan melepaskan racun.

Terakhir bilas wajah dengan air dingin. Tujuannya adalah mengencangkan kembali pori-pori yang longgar setelah bersentuhan dengan air hangat.

Setelah semua proses ini dilalui, wajah akan terasa lebih lembut, bercahaya, lembap dan merona seperti baru facial steam.

Mungkin membersihkan muka hingga 10 menit terasa begitu menyita waktu. Namun sebenarnya ritual ini tidak perlu dilakukan setiap hari.

"Ini soal kedisiplinan, tetapi kuncinya adalah melakukan metode 4-2-4 di malam hari. Anda tidak harus melakukannya setiap malam untuk mendapatkan hasil. Menurut pengalaman saya 4 malam dalam seminggu saja cukup," tutur Elliot.

Sumber: Daily Vanity Singapore, Her World Plus, W Magazine

Baca juga:
6 Perawatan paling cocok buat si kulit gelap ala supermodel Jasmine Tookes
5 Resep cantik serba alami dari si cantik Song Hye-kyo
Minyak kelapa & jarang keramas, tips rambut sehat meski sering styling ala gigi Hadid
Tips bikin lipstik jadi matte dan tahan berjam-jam ala Taylor Swift
Air sari mawar, rahasia kulit lembap Cleopatra di segala musim

(mdk/tsr)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com