Iron Man 70.3 Bintan Kembali Digelar

GAYA | 26 Juni 2019 11:20 Reporter : Mega Rachmawati

Merdeka.com - Bintan kembali menjadi tuan rumah event sport tourism bertaraf internasional. Kali ini, yang digelar adalah Iron Man 70.3. Event ini akan dilangsungkan di Lagoi Bay Bintan, 25 Agustus 2019. Iron Man 70.3 adalah lomba triathlon yang mengadu kecepatan dan kekuatan para peserta.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Wan Rudi, mengatakan Iron Man 70.3 terbagi menjadi 3 cabang olahraga, yaitu Renang, Sepeda dan Lari. Perlombaan dimulai dari pasir putih yang sangat indah. Para atlet berenang sejauh 1.9 Meter di perairan sejernih kristal di Teluk Lagoi.

Selanjutnya, mereka bersepeda 90 KM melewati Jalur sepeda tunggal berliku-liku. Jalurnya melintasi bagian barat laut pulau. Rutenya cukup indah. Karena, para pengendara sepeda akan disajikan dengan hutan hijau subur dan lebat. Ada juga pemandangan pantai yang fantastis.

"Atlet lalu melanjutkan lari sejauh 21.1 Meter dengan pemandangan yang bervariasi, tempat-tempat menarik, dan bagian keluar-belakang di sepanjang Danau Lagoi Bay," Jelas Rudi.

Untuk kian mengenalkan event ini, penyelenggara menggelar press conference Iron Man 70.3. Tepatnya di Wyndham Casablanca Jakarta, Selasa (25/6).

Selain Wan Rudi, hadir dalam kesempatan itu perwakilan Kementerian Pariwisata, Head of Corporate Communications PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Stefanus Indrayana, Group General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab, dan Chief Executive Officer Metasport Nathalie Marquet.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Boeralimar mengatakan Iron Man 70.3 telah diselenggarakan 5 kali di Bintan. Tepatnya sejak 2015.

Sejak awal digelar, atlet dan pihak penyelenggara mengaku terkesan dengan keindahan Bintan. Tak khayal dari peserta Iron Man 70.3 mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peserta dari mancanegara juga semakin banyak.

"Iron Man 70.3 Bintan menjadi Kualifikasi awal untuk Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 2020 di Taupo, Selandia Baru, dengan 60 slot untuk diperebutkan. Tidak itu saja, Bintan mendapatkan gelar sebagai Asias Best Destination Triathlon yang memiliki perairan sebening kristal, perbukitan, hutan hijau yang subur, dan keramaian lokal yang ramah," ujar Boeralimar.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, Iron Man 70.3 sudah menjadi daya tarik buat peserta mancanegara.

"Bintan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Berbagai event sport tourism sukses digelar di sana. Wisatawan mancanegara selalu hadir dalam jumlah yang besar," katanya.

Hal serupa disampaikan Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuty.

"Bintan adalah surganya sport tourism. Banyak event di sana. Bintan juga bisa memaksimalkan potensinya sebagai border area," sambung Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan sport tourism adalah cara efektif untuk menggaet wisatawan mancanegara.

"Sebuah event yang eksis digelar bertahun-tahun dengan hadiah menawan dan sentuhan pariwisata, selalu sukses menarik wisatawan. Hal itu juga yang selalu ditawarkan Bintan. Kepercayaan dan kenyamanan juga mereka berikan, dan ini sangat penting buat wisman," katanya.

(mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT