Jaguarundi, Kucing Hutan Asli Benua Amerika yang Terancam Punah

Jaguarundi, Kucing Hutan Asli Benua Amerika yang Terancam Punah
Jaguarundi, Kucing Hutan Asli Benua Amerika yang Terancam Punah. ©2021 Merdeka.com
GAYA | 27 Februari 2021 07:39 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Ada banyak ras kucing yang bisa dijadikan hewan peliharaan, tapi hal ini tidak berlaku untuk kucing hutan. Selain insting alaminya yang masih kuat, jumlahnya yang kian langka membuatnya dilarang dipelihara di rumah. Seperti Jaguarundi, kucing hutan yang berasal dari Benua Amerika yang termasuk spesies paling langka di dunia.

Mampu Mencapai Usia 15 Tahun

jaguarundi kucing hutan asli benua amerika yang terancam punah
©2021 Merdeka.com

Tersebar di wilayah Amerika Utara, Tengah, dan Selatan, Jaguarundi bisa bertahan hidup di alam liar hingga 15 tahun. Bisa hidup di daerah dengan ketinggian di atas 2000 meter dari permukaan laut, kucing hutan ini menjadikan hutan, semak belukar, rawa, dan padang rumput sebagai rumahnya. Berburu untuk mendapatkan makannya, Jaguarundi memangsa hewan yang lebih kecil seperti burung, ikan, dan katak, kadal, hingga ikan di genangan air.

Fisik Mirip Musang

jaguarundi kucing hutan asli benua amerika yang terancam punah
©2021 Merdeka.com

Dibandingkan kucing hutan lainnya, fisik Jaguarundi tergolong cukup kecil. Ukuran kakinya pendek mirip musang dengan tubuh langsung memanjang hingga 1,2 meter.

Memiliki ukuran kepala yang kecil, seekor Jagaurundi bisa mencapai bobot 3 kilogram dan punya 3 corak warna yang cenderung gelap seperti hitam, abu-abu, dan merah kecoklatan. Uniknya, jenis kucing ini juga satu-satunya yang tak punya warna kontras di bagian belakang telinga.

Punya Suara Unik

jaguarundi kucing hutan asli benua amerika yang terancam punah
©2021 Merdeka.com

Berbeda dengan kucing hutan pada umumnya, Jaguarundis justru aktif di sang hari dan suka berkelompok. Seperti kucing lainnya, ras ini menandai wilayahnya dengan menngaruk tanah, menggosokkan keapalanya, dan buang air di sekitar pohon.

Uniknya kucing hutan ini punya cara unik untuk berkomunikasi satu sama lain. Bisa mengeluarkan suara yang berbeda, hingga kini sudah terekam 13 suara yang berbeda, mulai dari dengkuran, mirip peluit, bahkan kicauan seperti burung.

Jumlahnya Makin Langka

jaguarundi kucing hutan asli benua amerika yang terancam punah
©2021 Merdeka.com

Di awal tahun 1940an, Jaguarundi mulai dijinakkan oleh penduduk asli Amerika Tengah dan dimanfaatkan untuk mengendalikan populasi tikus yang mengganggu desa. Saat ini, kucing bernama latin Herpailurus yagouaroundi ini terdaftar sebagai Least Concern dalam IUCN Red List sejak 2002. Lembah Amazon dianggap sebagai satu-satunya tempat konservasi yang layak bagi Jaguarundi dan terlindungi dari perburuan liar yang dijual secara ilegal.

Tak perlu ngotot pelihara kucing hutan yang jumlahnya makin langka, rawat kucing rumahan dengan penuh kasih sayang. Salah satunya memberikan Muezza, brand makanan kucing kering yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.
Tak perlu ragu memegang makanannya, cat food ini pun kaya nutrisi dengan kadar yang seimbang. Dibuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, Muezza melibatkan ahli nutrisi untuk mendapatkan formula yang tepat dalam menjaga kesehatan kucing.

bukan hanya munchkin kaki pendek jadi daya tarik 5 ras kucing ini
©Muezza

Sediakan cat food terbaik dengan 4 pilihan rasa, beli Muezza sekarang juga di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/aki)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami