Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Jengkol yang Tepat Biar Lezat Disantap

Jangan Asal Beli, Begini Cara Memilih Jengkol yang Tepat Biar Lezat Disantap
©Shutterstock.com
GAYA | 11 Oktober 2021 15:07 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Bagi penikmat jengkol, makanan satu ini rasanya bak hidangan dari surga. Bahkan, tak peduli orang mau bilang bau atau semacamnya, ketika sudah tersaji di depan mata, rasanya tangan dengan cepat ingin segera menyambarnya.

Saking nikmatnya, jengkol ini pun sanggup menjadi peneman nasi panas. Tak sedikit malah yang sampai tambah nasi beberapa porsi, karena begitu lahapnya menyantap hidangan jengkol di atas meja. Rasanya, tanpa tambahan lauk apapun, jengkol ini sudah begitu mantap buat obati rasa lapar.

Hanya saja perlu memilih jengkol yang tepat, agar saat dimasak benar-benar terasa kelezatannya. Simak beberapa tips lengkapnya berikut ini.

Pilih Jengkol dengan Bentuk Bulat Sempurna

manis sedap baru
©Shutterstock.com

Saat di pasar atau tempat belanja jengkol, perhatikan bentuk jengkol yang akan dibeli. Jengkol yang bagus, adalah yang bentuknya bulat sempurna. Hindari membeli jengkol dengan bentuk gepeng.

Apabila ada jengkol yang berukuran kecil tapi bulat bentuknya, maka bisa memilih jengkol tersebut, daripada membeli yang berukuran besar tapi gepeng. Hal ini karena jengkol dengan bentuk bulat sempurna lebih enak saat dimasak. Ada sensasi legit dari jengkol dengan bentuk bulat sempurna ketika dimasak, jadi bukan sekadar alasan estetik saja.

Perhatikan Kulit Jengkol yang Mulus

Setelah menemukan beberapa jengkol dengan bentuk bulat sempurna, sortir lagi dengan melihat jengkol dengan kulit yang mulus. Lagi-lagi langkah ini perlu dilakukan bukan untuk alasan estetik semata, melainkan untuk menghindari kulit jengkol yang rusak. Hal ini karena, kulit jengkol yang kasar atau rusak, akan membuat tekstur maupun rasa jengkol saat dimasak jadi kurang begitu lezat.

Hindari Memilih Jengkol Muda Buat Bahan Masakan

Jengkol punya keunikan pada cita rasanya. Semakin tua jenis jengkolnya, maka semakin sedap untuk dijadikan bahan masakan. Memang jengkol tua ini bijinya sangat keras, tetapi justu akan lebih cepat lunak saat direbus. Selain itu, warna jengkol juga akan berubah merah atau kecokelatan saat sudah matang.

Hal ini berlaku sebaliknya pada jengkol muda, tetapi bukan artinya jengkol muda tak bisa dimanfaatkan. Jengkol muda baru cocok dikonsumsi jika ingin dijadikan lalapan. Secara tekstur lebih keras dibandingkan jengkol muda, serta memiliki rasa pahit. Namun, saat dicocolkan sambel, kelezatannya sanggup menghabiskan sebakul nasi.

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Rumah Belanja Kalpataru

Kabar baiknya, jengkol premium ini kini sudah tersedia secara online. Dijual melalui proses penyortiran yang tepat, jengkol premium bisa didapatkan dari lapak Rumah Belanja Kalpataru. Biar lebih praktis, pesan jengkol premium dari Rumah Belanja Kalpataru ini di ManisdanSedap.com.

ManisdanSedap.com merupakan platform bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Selain memudahkan penikmat kuliner menemukan dan memesan pre-order dari seluruh Nusantara, ManisdanSedap.com juga menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM. Dilengkapi fitur tombol langsung ke nomor seller, pembeli dan penjual bebas berinteraksi maupun bertransaksi secara terpisah dari platform ManisdanSedap.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami