Jenis-Jenis Vitamin C yang Terkandung di Skincare

GAYA | 9 September 2019 18:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Setetes esens vitamin C di dalam sebotol serum atau krim kecantikan kerap menjadi daya tarik tak terelakkan bagi para beauty enthusiast. Vitamin yang satu ini memang termasuk salah satu nutrisi di dalam skincare.

Vitamin C diakui efektif untuk menghindarkan kulit dari masalah seperti jerawat dan keriput. Juga diyakini mampu menjadikan kulit lebih sehat bercahaya.

Satu hal yang tak banyak diketahui para konsumen adalah fakta bahwa vitamin C memiliki banyak bentuk. Jenis yang dipakai pada satu merek serum dan krim malam dari merek lain pun belum tentu sama.

Sebelum membeli produk skincare berkandungan vitamin C, mari kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis vitamin C apa saja yang biasa digunakan di dalam produk kecantikan.

1 dari 5 halaman

L-Ascorbic Acid (LAA)

L-Ascorbic Acid merupakan salah satu jenis vitamin C yang paling ampuh dan terbukti mampu bekerja secara efektif pada kulit. Jenis ini tergolong kurang stabil, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi jika digunakan pada dosis yang tinggi. LAA cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal atau berminyak, serta berfungsi untuk memperkuat jaringan kulit, menyembuhkan luka, sekaligus melindungi kulit dari berbagai penyakit.

2 dari 5 halaman

Magnesium Ascorbyl Phosphate

Jika memiliki jenis kulit kering atau sensitif, dapat mencoba jenis vitamin C yang satu ini. Magnesium Ascorbyl Phosphate memiliki bentuk yang lebih stabil dibanding jenis-jenis lainnya, sehingga dapat menurunkan risiko kulit mengalami iritasi. Serupa dengan L-Ascorbic Acid, Magnesium Ascorbyl Phosphate bersifat water-soluble atau dapat larut dalam air.

3 dari 5 halaman

Ascorbyl Palmitate

Ingin mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh radikal bebas? Ascorbyl Palmitate dapat menjadi solusinya. Ascorbyl Palmitate merupakan salah satu bentuk vitamin C yang tergolong stabil dan dapat larut dalam minyak. Selain melawan radikal bebas, jenis yang kerap ditemukan pada produk skin care berbahan dasar minyak ini, berfungsi untuk melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan sekaligus memperbaiki jaringan kulit.

4 dari 5 halaman

Ascorbyl Glucosamine

Vitamin C dikenal sebagai salah satu kandungan yang ampuh untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Nah, jika kamu menggunakan vitamin C untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan untuk memilih produk dengan kandungan Ascorbyl Glucosamine, ya! Pasalnya, jenis vitamin C ini kaya akan kandungan anti-oksidan dan skin-brightening properties.

5 dari 5 halaman

Sodium Ascorbyl Phosphate

Sodium Ascorbyl Phosphate merupakan salah satu jenis vitamin C yang tergolong lembut bagi kulit. Kandungan ini mampu mencerahkan wajah dan melawan radikal bebas secara efektif berkat kandungan anti-oksidan di dalamnya.

Tak hanya itu, warna kulit pun menjadi lebih rata dengan menggunakan Sodium Ascorbyl Phosphate. Selain digunakan sendiri, Sodium Ascorbyl Phosphate dapat menjadi pelengkap yang baik untuk produk anti-jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid.

Ternyata jenis vitamin C yang digunakan di dunia kecantikan memang beragam, ya?

Sumber: Fimela.com/Beauty Journal (mdk/tsr)

Baca juga:
9 Kandungan Alami untuk Atasi Warna Kulit Tidak Merata
Tips-Tips Diet yang Ampuh untuk Atasi Masalah Jerawat
5 Perawatan Kulit Wajah yang Penting untuk Diketahui Pria
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya
5 Senam Wajah yang Bisa Dilakukan untuk Mengecilkan Pipi yang Terlalu Tembam