Jerawat Terasa Gatal? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya

Jerawat Terasa Gatal? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya
GAYA | 29 Mei 2020 20:04 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Gatal dan panas adalah dua sensasi yang sering terasa saat kita berjerawat. Bukan tanpa sebab, tapi faktanya, jerawat yang terasa gatal bisa dikarenakan sejumlah penyebab. Berikut ini beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui.

1 dari 7 halaman

1. Efek penggunaan obat jerawat

Obat jerawat memang menimbulkan sejumlah efek pada kulit. Bahkan bagi kamu yang punya kulit sensitif, kandungan obat jerawat justru bisa membuat kulit jadi alergi, kering, terkelupas, dan menimbulkan rasa gatal.

Benzoil peroksida, asam salisilat, retinoid, adalah kandungan yang kerap menimbulkan rasa gatal. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk penanganan tepat bagi jerawat yang kamu miliki.

2 dari 7 halaman

2. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari juga memicu rasa gatal pada jerawat. Agresi sinar UV tersebut dapat merangsang jerawat jadi meradang. Oleh sebab itu, hindari paparan sinar matahari langsung saat kulit sedang berjerawat. Atau jika terpaksa harus aktivitas luar ruangan, jangan lupa untuk proteksi kulit dengan sunscreen yang dilengkapi dengan SPF.

3 dari 7 halaman

3. Alergi

Alergi juga menjadi pemicu kulit berjerawat terasa gatal. Jika terjadi, hentikan penggunaan obat jerawat untuk sementara dan atasi dengan aloe vera gel atau produk yang bersifat menenangkan kulit untuk redakan rasa gatal yang mengganggu.

4 dari 7 halaman

4. Keringat

Keringat dan jerawat tentu sangat terasa tidak nyaman. Selain itu, produksi minyak pada kulit dan bercampur dengan keringat justru bisa menimbulkan sumbatan pada pori-pori. Jadi, pastikan untuk segera bersihkan wajah setelah berkeringat.

5 dari 7 halaman

5. Makeup

Sebisa mungikn hindari penggunaan makeup saat kulit sedang berjerawat. Makeup mampu menyumbat pori-pori dan membuat jerawat meradang, menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman pada kulit.

6 dari 7 halaman

6. Tanda jerawat akan sembuh

Jerawat yang akan sembuh juga akan menimbulkan rasa gatal. Biasanya, kulit akan mengalami kemerahan, dan putsular akan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat. Pada proses ini maka kulit baru akan muncul.

7 dari 7 halaman

7. Kulit kering

Kulit kering juga menyebabkan jerawat semakin terasa gatal dan tidak nyaman. Jadi, pastikan asupan hidrasi kulit terpenuhi agar jerawat tidak terasa mengganggu dan meminimalisir peradangan.

Reporter: Nabila Mecadinisa
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Penyebab Jerawat di Pipi, Sarung Bantal Kotor hingga Stres Berlebih
22 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Alami, Hilangkan Secara Permanen
Begini Saran Dokter untuk Atasi Jerawat Mengganggu ketika di Rumah Saja
5 Kemungkinan Penyebab Jerawat di Area Bibir, Sudah Tahu?
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Kenali Dulu Tipenya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5