Jerawatan Karena Wajah Tertutup Masker Berjam-jam? Ini Skincare yang Cocok Untukmu

Jerawatan Karena Wajah Tertutup Masker Berjam-jam? Ini Skincare yang Cocok Untukmu
GAYA | 29 Mei 2020 19:32 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Pada masa pandemi seperti sekarang ini, masker sudah menjadi barang wajib. Kita disarankan untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah atau berinteraksi dengan manusia lain.

Penggunaan masker kain dalam jangka panjang memang memunculkan kekhawatiran terhadap munculnya jerawat. Faktanya, jerawat yang diakibatkan oleh penggunaan masker menjadi hal yang umum belakangan ini.

1 dari 2 halaman

Pemakaian Masker Membuat Wajah Lebih Cepat Kotor

"Saya benar-benar melihat efek samping dari masker wajah yang bersentuhan secara langsung dengan kulit sepanjang hari. Masker penting bagi keselamatan kita. Namun juga dapat memerangkap kelembapan, kotoran, minyak, dan keringat dari penggunaan masker," ungkap dr. Tiffany J. Libby, seorang dokter kulit dari New York, melansir dari Purewow pada Selasa (26/5/2020)

Ketika minyak menyumbat pori-pori, ia akan menjadi komedo. Setiap gesekan dan iritasi pada masker mendorong bakteri ke kulit. Memungkinkan bakteri dan kotoran lebih mudah dan menyebabkan peradangan dan jerawat.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Skincare untuk Kulit Berjerawat Karena Masker

Penting untuk menjaga rutinitas perawatan kulit sederhana. Ketika kulit menjadi iritasi, kita cenderung langsung menggunakan produk yang paling ampuh. Padahal ini bisa menyebabkan lebih banyak iritasi dan jerawat pun memburuk.

dr. Libby merekomendasikan untuk menggunakan pembersih benzoil peroksida sekali sehari untuk mengatasi minyak berlebih dan membunuh bakteri. Kemudian, gunakan pelembap lembut bebas pewangi dan nonkomedogenik.

Asam hialuranot membantu menghidrasi dan mengembalikan penghalang pelindung kulit. Terakhir, aplikasikan differin gel yang merupakan retinoid pada malam hari. Di siang hari, gunakan tabir surya mineral yang mengandung seng oksida karena tidak terlalu mengiritasi dan memiliki sifat antimikroba.

Reporter: Vinsensia Dianawanti
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
22 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Alami, Hilangkan Secara Permanen
6 Rekomendasi Obat Jerawat Ampuh dan Murah Meriah yang Bisa Dicoba
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Kenali Dulu Tipenya
5 Cara Membuat Masker Kunyit, Ampuh Cegah Jerawat
7 Manfaat Bumbu Dapur untuk Kecantikan, Mulai Merica hingga Lengkuas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5