Kenali 4 penyebab rambut berminyak!

Kenali 4 penyebab rambut berminyak!
GAYA | 12 September 2012 12:29 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - rambut berminyak adalah masalah umum yang dihadapi, baik wanita ataupun pria. Sebelum bertanya tentang solusinya, Anda harus tahu dulu apa penyebabnya. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat dengan mudah menemukan solusinya. Berikut adalah beberapa alasan di balik masalah rambut berminyak, seperti dilansir Boldsky.

1. Kelenjar minyak

Produksi kelenjar minyak berlebih dalam tubuh menjadi salah satu faktor paling penting di balik rambut berminyak. Zat ini biasanya dikenal dengan sebutan sebum. Ketika sebum diproduksi dalam jumlah berlebih, itu membuat kulit kepala dan rambut jadi berminyak. Ini akan sulit diatasi karena terjadi secara biologis. Maka, sebaiknya cucilah rambut secara rutin agar tak terlalu berminyak.

2. Tangan

Suka memainkan rambut dengan tangan? Ini adalah kebiasaan buruk yang sering tidak disadari. Kotoran yang menempel di tangan bisa pindah ke rambut. Alhasil, rambut jadi mudah kotor dan berminyak.

3. Makanan

Makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi pembentukan minyak pada kulit kepala. Makanan berkadar minyak tinggi bisa menyebabkan masalah rambut berminyak. Alangkah baiknya, jika Anda bisa melakukan diet sehat yang baik untuk tubuh.

4. Polusi

Polusi lingkungan bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit kepala dan rambut. Efeknya, rambut jadi cepat lengket dan sangat berminyak. Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci rambut setiap hari.

Untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala, lakukan perawatan khusus satu minggu sekali. Anda bisa melakukan treatment seperti pemberian masker rambut alami. (mdk/des)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami