Kenapa Anda Perlu Pikir Panjang Sebelum Mencoba Masker Telur?

GAYA | 28 November 2019 20:57 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Telur memang termasuk salah satu bahan makanan yang bermanfaat, baik bagi tubuh maupun kecantikan. Tentunya Anda sudah tidak heran lagi dengan resep masker berbahan telur. Seperti yang direkomendasikan Kendall Jenner misalnya. Atau pore strip berbahan putih telur yang katanya ampuh mengangkat komedo dan mengencangkan kulit.

Namun Anda berpikir dua kali sebelum mencoba masker atau resep DIY beauty berbahan telur. Telur memang bermanfaat, namun di dalamnya juga terkandung risiko. Lebih baik Anda mengenalinya terlebih dahulu.

1 dari 3 halaman

Risiko Kontaminasi Bakteri Salmonella

Telur mentah berpotensi mengandung bakteri salmonella. Terutama jika telur ayam yang Anda gunakan tidak segar atau tidak dicuci bersih. Anda bisa keracunan atau mengalami iritasi.

"Jika telur yang Anda gunakan mengandung salmonella dan Anda tidak sengaja menelannya, ini adalah kemungkinan absolut," kata Dendy Engelman, M.D., ahli dermatologi para selebriti dunia seperti dilansir Self.

2 dari 3 halaman

Potensi Alergi dan Intoleransi

Shutterstock

Jika Anda menunjukkan reaksi alergi saat menyantap telur, sebaiknya Anda juga tidak coba-coba mengoleskan produk apapun yang berbahan dasar telur di kulit.

Menurut artikel Healthline, telur juga berpotensi menghasilkan reaksi intoleransi kepada beberapa orang. Berbeda dengan alergi, gejala intoleransi antara lain inflamasi dan gangguan pencernaan. Reaksi ini bisa timbul jika telur tidak sengaja memasuki mulut.

3 dari 3 halaman

Cara yang Relatif Aman Menggunakan Masker Telur

Jika Anda sudah memahami risikonya dan masih tetap ingin mencoba masker atau resep DIY beauty lain yang menggunakan telur, berikut ini tips-tips yang perlu diperhatikan.

  1. Pastikan telur yang digunakan berkualitas, masih segar dan higienis
  2. Gunakan peralatan yang sudah disterilkan
  3. Segera bersihkan kulit jika muncul kemerahan atau rasa gatal di kulit.
  4. Gunakan produk kecantikan berkandungan telur yang sudah diolah pabrik atau farmasi bersertifikat.

Demikian penjelasan singkat mengapa Anda harus berhati-hati sebelum memutuskan mencoba masker dan resep DIY beauty berbahan telur. (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Fakta Telur Ayam Terkontaminasi Limbah Plastik yang Ditemukan Di Jawa Timur
Pasokan Berkurang, Harga Cabai dan Telur Ayam di Solo Melambung
Resmikan Operasi Pasar Awal Ramadan, Mentan Mau Harga Telur Rp23.000 per Kg
Bulog Akui Harga Telur Masih Sulit Dikendalikan
Unik, Peternak di Italia Budidayakan Ayam Petelur di Hutan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.