Keunikan Graha Maria Annai Velangkani, Gereja Bergaya Hindu di Medan

GAYA | 10 Januari 2020 13:31 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Medan punya banyak bangunan indah. Ibukota provinsi Sumatera Utara ini punya Istana Maimun, Masjid Raya Medan, hingga Tjong A Fie Mansion yang menampilkan seni arsitektur menarik. Satu lagi bangunan berdesain keren di Medan, yaitu Graha Maria Annai Velangkani.

Jika Anda mencari rekomendasi tempat-tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Medan, kemungkinan besar Graha Maria Annai Velangkani bakal masuk daftar. Bangunan ini dianggap ikonik, disejajarkan dengan Istana Maimun yang memang jadi ciri khas Medan.

1 dari 3 halaman

Instagram.com/rico_chriztover

Graha Maria Annai Velangkani adalah sebuah gereja yang berlokasi di Taman Sakura Indah, Jalan Sakura III, No. 7-10, Tanjung Selamat, Medan. Gereja ini merupakan tempat beribadah umat Katolik. Namun desain arsitekturnya sendiri tidak mirip gereja pada umumnya.

Jika diperhatikan secara seksama, Graha Maria Annai Velangkani justru lebih mirip kuil Hindu yang ada di India. Ternyata, gereja ini memang didirikan atas prakarsa komunitas Katolik Tamil.

2 dari 3 halaman

Instagram.com/saragih_erick

Graha Maria Annai Velangkani menampilkan desain arsitektur bergaya Hindu dan Mughal. Bangunannya berbentuk menara tujuh lantai yang melambangkan tujuh tingkatan surga. Kabarnya biaya pembangunan gereja mencapai 4 miliar rupiah. Dana ini dikumpulkan dari donasi umat gereja.

3 dari 3 halaman

Instagram.com/dee.sitepu

Gereja resmi dibuka sejak tahun 2005 yang lalu. Biasanya didatangi umat pada hari Jumat dan Minggu. Bangunan ini bisa dijadikan latar foto yang Instagramable. Pasalnya tempat ibadah ini memang terbuka untuk umum.

Anda yang bukan termasuk pemeluk agama Katolik bisa berkunjung ke sana. Hanya saja Anda disarankan untuk menghormati jemaat yang sedang beribadah. (mdk/tsr)

Baca juga:
Nagara Rimba Nusa, Konsep Masa Depan Ibu Kota Baru RI
Mengintip Keindahan City Palace Jaipur yang Berusia Tiga Abad
VIDEO: Alkisah Masjid Sultan Riau yang Terbuat dari Putih Telur
Para Arsitek Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
6 Masjid Warna-Warni Paling Indah di Berbagai Negara

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.