Keunikan Tower of Hercules, Mercusuar Tertua di Dunia

GAYA | 11 Oktober 2019 04:02 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Pelabuhan La Coruna, Galicia, Spanyol, memiliki peninggalan arsitektur yang cukup unik. Sebuah mercusuar setinggi 55 meter yang menghadap ke Laut Atlantik Utara dari pesisir pantai Spanyol. Inilah Tower of Hercules.

1 dari 3 halaman

Monumen Nasional Spanyol

Tower of Hercules. Shutterstock

Tower of Hercules merupakan salah satu struktur bangunan yang menuai status sebagai Monumen Nasional Spanyol. Ini adalah menara mercusuar tertinggi kedua di Spanyol setelah Faro de Chipiona. Bangunan ini juga menjadi bagian Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2009.

2 dari 3 halaman

Mercusuar Tertua di Dunia

Tower of Hercules. Shutterstock

Menurut artikel lansiran MailOnline, UNESCO menyebut bangunan ini sebagai satu-satunya mercusuar peninggalan Romawi yang masih terpelihara dan berfungsi dengan baik. Para sejarawan yakin bangunan itu didirikan pada paruh kedua abad pertama dan dengan demikian menjadikannya mercusuar tertua di dunia yang masih beroperasi.

3 dari 3 halaman

Tiruan Lighthouse of Alexandria

Tower of Hercules. Shutterstock

Sejumlah sejarawan meyakini Tower of Hercules dibangun dengan meniru model Lighthouse of Alexandria. Lighthouse of Alexandria sendiri adalah mercusuar raksasa yang sempat menjadi salah satu keajaiban dunia pertama bersama Piramida Giza dan Colossus of Rhodes.

Sekarang bangunan ini kerap disebut salah satu mercusuar terindah di dunia. Meskipun masih berfungsi dengan baik dalam menavigasi pelayaran, situs ini juga menjadi tempat wisata. (mdk/tsr)

Baca juga:
Keunikan Pont Canal Du Sart, Kanal di Atas Jalan Raya Milik Belgia
10 Mercusuar dengan Pemandangan Paling Spektakuler di Dunia
Keindahan Prague Castle, Salah Satu Kastel Terbesar di Dunia
Seluas 100 Lapangan Bola, China Resmikan Bandara dengan Terminal Terbesar di Dunia
4 Gedung Pencakar Langit Sedang Dibangun di Jakarta