Kiat Jitu #AntiNgaret Bangun Pagi Biar Produktivitas Tetap Terjaga

GAYA | 12 Agustus 2019 08:06 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Niatnya sih ingin lebih produktif dan efisien dengan cara bangun pagi. Tapi nyatanya keinginan ini cuma di mulut saja dan lebih sulit untuk dilakukan. Buat kamu yang sering menekan tombol snooze dan tidur lagi ketimbang bangun lebih pagi, jajal beberapa kiat jitu #AntiNgaret berikut ini.

Tidur Lebih Awal

Memiliki jam tidur yang cukup akan membuatmu lebih mudah untuk bangun pagi. Jika punya alasan khusus untuk #AntiNgaret saat bangun keesokan harinya, coba untuk tidur lebih awal. Tetapkan jam tidur dan lakukan secara konsisten. Misalnya jika ingin tetap tidur selama 8 jam dan bisa bangun pukul 7 pagi, minimal kamu sudah harus tidur pukul 11 malam.

Kena Cahaya Bikin Melek

Jika suasana yang gelap membuatmu lebih mudah terlelap, sebaliknya lingkungan yang terang bisa dimanfaatkan untuk membantumu bangun pagi. Begitu alarm menyala, matikan lalu nyalakan lampu kamar atau buka jendela kamar. Cahaya yang datang dari cahaya matahari, lampu meja, atau lampu kamar tidur akan membantu tubuh untuk lebih siap dan membangun mood sebelum melanjutkan aktivitas.

Usaha Lebih untuk Mematikan Alarm

Jangan meletakkan ponsel atau jam alarm yang terlalu dekat dengan dirim saat bangun pagi. Terlalu mudah mematikannya bisa membuatmu langsung kembali tidur. Letakkan ponsel atau jam weker di tempat yang memaksamu untuk bangun dan berjalan untuk mematikan alarm. Setelah bangun, jangan kembali ke tempat tidur tapi langsung lanjutkan dengan aktivitas lainnya.

Tetap Bangun Pagi di Hari Libur

Ngaku deh, siapa yang memutuskan untuk binge-watching Netflix atau K-Drama semalaman hanya karena besok adalah hari libur. Tapi caramu untuk bangun lebih siang pada akhir pekan akan membuatmu makin sulit mengalahkan kantuk pada hari-hari berikutnya. Pasalnya, kebiasaan untuk bangun pagi sudah terganggu.

Jika biasanya memanfaatkan akhir pekan atau hari libur untuk tidur lebih lama dan bangun lebih siang, kamu akan lebih sulit mempertahankan kebiasaan untuk bangun pagi #AntiNgaret. Walau berat, dorong diri untuk tetap bangun di jam yang sama di hari libur atau akhir pekan.

Demi apa sih bangun pagi #AntiNgaret? Ada banyak alasan yang membuatmu rela membuat pengorbanan ini. Mulai dari urusan pekerjaan, bertemu dosen demi lulusnya skripsi, hingga menjemput si dia untuk memuluskan PDKT. Apapun momen yang penting bagimu, GrabBike siap mendukungmu dengan menyediakan jumlah armada yang memadai dan menawarkan berbagai kemudahan ini.

Mulai dari 5 juta titik jemput, fitur Venues yang memberi panduan foto dan teks ke lokasi penjemputan, fitur Saved Places yang mempersingkat waktu pemesanan, hingga layanan GrabNow untuk mendapatkan mitra pengemudi lebih cepat. Bangun lebih pagi dan datang tepat waktu bersama GrabBike lewat program #AntiNgaret. Tunggu informasi selengkapnya hanya di instagram, @GrabID. (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.