Konsumsi 7 Buah-Buahan Lokal Ini untuk Kulit Awet Muda

GAYA | 6 November 2019 20:06 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ingin kulit sehat, kencang, dan bebas tanda-tanda penuaan lebih lama? Pastikan Anda melakukan perawatan dari luar dan dalam. Eksfoliasi secara teratur, penggunaan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, dan pelembap secara teratur akan memberikan manfaat.

Sementara itu, perawatan dari dalam juga tak kalah penting. Anda bisa merawat kulit dengan konsumsi buah. Tak perlu cari buah impor, sebab buah-buahan lokal pun punya gizi yang lengkap.

Berikut ini buah-buahan lokal dengan nutrisi tinggi yang bisa menjadikan kulit awet muda jika dikonsumsi secara teratur, seperti dilansir Healthline.

1 dari 7 halaman

Delima

Buah delima kaya vitamin A, C, dan E yang penting untuk melindungi kulit dari kerusakan, menjadikan awet muda, melembapkan, dan merangsang regenerasi sel kulit.

 /></p>
<p style=2018 Merdeka.com/Pexels

Antioksidan yang dikandung buah delima bahkan lebih tinggi daripada teh hijau. Nutrisinya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi potensi inflamasi.

2 dari 7 halaman

Alpukat

Menggabungkan lemak sehat dalam diet Anda juga akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu melindungi elastisitas kulit.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com/Pixabay

Alpukat mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi. Zat ini dapat melawan inflamasi, melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, antioksidan lutein, dan zeaxanthin yang dikandung alpukat juga akan memberikan perlindungan tambahan bagi kulit.

3 dari 7 halaman

Tomat

Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang penting dalam pembentukan kolagen.

 /></p>
<p style=2018 Merdeka.com/Pixabay

Tomat juga kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Jangan lupa untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab likopen dalam tomat akan berlipat ganda setelah bersentuhan dengan panas.

4 dari 7 halaman

Pepaya

Murah meriah dan mudah ditemukan di pasaran, pepaya termasuk superfood dengan kandungan lengkap vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

 /></p>
<p style=2018 Merdeka.com/Pixabay

Pepaya juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan kulit.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang mampu memberikan khasiat antipenuaan berkat khasiat antiinflamasi yang dimilikinya.

5 dari 7 halaman

Mangga

Buah ini populer dikonsumsi dan dikenal sebagai sumber vitamin A dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

 /></p>
<p style=lifemartini.com

Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi.

Betakaroten yang dikandung mangga bersifat fotoprotektif. Hal ini berarti nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga bisa membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet matahari.

6 dari 7 halaman

Belimbing

Menurut Style Craze, belimbing kaya vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, natrium, kalsium, dan zat besi.

 /></p>
<p style=2018 Merdeka.com/Pixabay

Buah ini juga mengandung senyawa polifenol, asam galat, quercetin, dan epikatekin. Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Ini disebabkan oleh macam-macam antioksidan yang terkandung di dalamnya.

7 dari 7 halaman

Jeruk

"Jeruk kaya akan air dan membantu untuk mengisi ruang di antara sel-sel, meminimalkan munculnya stretch mark," tutur ahli gizi Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, penulis The Nutrition Twins' Veggie Cure.

Selain itu, vitamin C dalam jeruk membantu kulit lebih kenyal dan antioksidan di dalamnya membantu menyembuhkan tubuh dari kerusakan." (mdk/tsr)

Baca juga:
Ingin Awet Muda? Rajin Makan Labu Siam
12 Tips Awet Muda Ampuh dari Pakar Kesehatan dan Kecantikan
Konsumsi Daun Ketumbar Bisa Bikin Awet Muda
Masker Kedelai untuk Kulit Senantiasa Awet Muda
5 Khasiat Kecantikan yang Didapat dengan Konsumsi Kedelai Secara Teratur