Konsumsi Vitamin Ini untuk Atasi 5 Masalah Kulitmu

GAYA | 15 Juli 2019 10:18 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Hampir setiap orang memiliki setidaknya satu atau dua masalah kulit. Entah itu kulit kering, jerawat yang sulit diatasi, atau gejala kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebih.

Kadang produk perawatan kecantikan saja tidak cukup untuk mengatasinya. Lalu apa yang bisa dilakukan? Konsumsi vitamin adalah solusi yang bisa dicoba. Namun bukan sembarang vitamin, karena setiap jenis kulit bermasalah memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda agar dapat memulihkan diri.

1 dari 5 halaman

Kulit Kering - Vitamin D dan Asam Lemak Omega

Menurut ahli dermatologi, Dr. Sejal Shah melalui artikel lansiran Beauty Journal Sociolla, pemilik kulit kering perlu meningkatkan asupan vitamin D. Rupanya kadar vitamin D yang rendah berkaitan erat dengan rendahnya kelembapan kulit.

Asupan asam lemak omega juga perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kering. Ketika kulit mengalami dehidrasi, asam lemak di permukaan kulit akan lebih cepat menguap. Akibatnya kulit jadi semakin kering.

2 dari 5 halaman

Kantung Mata - Vitamin B dan Melatonin

Hannah Hatcher, ahli estetika untuk brand Jane Iredale mengatakan kalau kantung mata bisa disebabkan karena faktor genetik atau pola hidup yang kurang sehat. Kantung mata yang disebabkan kurang tidur atau pola hidup kurang sehat lainnya bisa diatasi dengan konsumsi vitamin B dan melatonin.

3 dari 5 halaman

Jerawat - Vitamin A, Zinc, dan Probiotik

Anda yang berjerawat mungkin disarankan untuk menggunakan produk perawatan kecantikan berkandungan vitamin C. Namun menurut ahli dermatologi, Dr. Papri Sarkar, asupan vitamin yang Anda perlukan adalah vitamin A.

Jika jerawat termasuk parah, konsumsi Zinc (Seng) bisa membantu meringankannya. Zinc bisa membantu untuk membersihkan pori-pori berkat sifat antiinflamasi yang dimilikinya.

Probiotik juga bermanfaat besar bagi mereka yang berjerawat. Pasalnya probiotik akan membantu menyeimbangkan jumlah bakteri sehat di dalam tubuh, dengan demikian peradangan yang memicu jerawat bisa dihindari.

4 dari 5 halaman

Garis-Garis Halus dan Keriput - Vitamin A dan Peptida

Jika garis-garis halus dan kerutan mulai muncul di wajah, saatnya mulai menggunakan vitamin A secara topikal. Cobalah cari produk perawatan kecantikan yang mengandung retinoid atau retinol. Retinoid telah terbukti menghambat enzim yang memecah kolagen.

Selain vitamin A, Anda juga bisa memenuhi asupan peptida. Peptida dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen dan mengembalikan cahaya kulit alami.

5 dari 5 halaman

Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari dan Radikal Bebas - Vitamin C dan E

Sebenarnya sinar matahari baik untuk kulit, terutama untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Begitu juga dengan radikal bebas. Namun paparan sinar matahari berlebih dan radikal bebas yang terlalu banyak akan mengakibatkan kerusakan sel kulit.

Dr. Sarkar menyarankan antioksidan kuat yang dimiliki vitamin C dan vitamin E untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan sinar ultraviolet matahari. Kombinasi vitamin C dan E yang digunakan langsung pada kulit mungkin juga lebih efektif karena keduanya bekerja paling baik bersamaan.

Itulah berbagai jenis vitamin yang perlu Anda konsumsi untuk mengatasi berbagai masalah kulit. (mdk/tsr)

Baca juga:
25 Makanan untuk Kulit Cantik, Awet Muda, dan Bebas Masalah
Ini fungsi sebenarnya vitamin F yang ada di produk kecantikan
4 Vitamin ini jamin bikin kulit sehat dan segar
5 Manfaat vitamin K untuk kulit