Kucing Makan Tanah setelah Cat Food Diganti? Hentikan Sebelum Terlambat!

Kucing Makan Tanah setelah Cat Food Diganti? Hentikan Sebelum Terlambat!
©shutterstock
GAYA | 7 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Memilih makanan yang tepat bagi kucing memang gampang-gampang susah. Penting untuk menjaganya tetap sehat dan happy, kamu mengamati adanya perubahan perilaku pada anabul setelah mencoba mengganti cat food-nya, salah satunya dengan memakan tanah.

Penyebabnya memang bisa beragam, mulai dari sekadar ingin menjelajah, stres, hingga masalah kesehatan. Tapi, sebaiknya cari cara untuk menghentikannya sebelum berkembang menjadi gangguan ksehatan yang lebih serius.

Bosan dan Stres

muezza baru
©shutterstock

Kucing adalah hewan yang cerdas dan tetap mempertahankan pola hidupnya di alam liar. Mulai dari beristirahat sepanjang hari, bermain, dan memburu mangsanya. Saat anabulmu tidak memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal ini, muncul rasa bosan yang dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya perilaku memakan tanah.

Selain bosan, kucing yang stres juga akan menunjukkan perilaku baru yang didorong oleh beragam alasan, Mulai dari adanya hewan peliharaan atau penghuni baru di rumah, menata ulang furnitur, hingga mengganti cat food bisa memicu perubahan yang dibenci oleh hewan peliharaanmu.

Anemia

muezza baru
©shutterstock

Dalam beberapa kasus, kucing memakan tanah yang ditemukan di sekitar rumah karena menderita anemia. Gangguan kesehatan ini bisa dikaitkan dengan kurangnya nutrisi dalam cat food atau gejala penyakit yang lebih serius, misalnya kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen. Jika kondisi ini dialami oleh anabul, tubuhnya sulit bekerja dengan baik.

Kekurangan Nutrisi

muezza baru
©shutterstock

Aksi kucing dewasa yang memakan tanah bisa saja menderita kekurangan nutrisi dan vitamin dalam makanannya. Pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang menawarkan nutrisi yang lebih lengkap. Jangan lupa untuk membaca labelnya dengan hati-hati untuk memahami bahan apa saja yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, hindari memberikannya terlalu banyak camilan karena bikin pola makannya jadi tidak seimbang. Aturan praktisnya, 90% asupan makanannya harus berasal dari cat food dan sisanya dari treat. Jika beralih ke merek makanan lain, perkenalkan secara bertahap agar tidak mengganggu kesehatan pencernaan kucingmu.

Cegah kebiasaan baru kucing yang memakan tanah karena dapat memicu berbagai bahaya. Mulai dari keracunan pestisida yang digunakan di taman, tersedak, kerusakan pada gigi, hingga kontaminasi parasit yang hidup di tanah. Jika penyebabnya ada pada makanan kucing yang belum bisa memenuhi nutrisi hewan peliharaanmu, segera beralih ke Muezza.

muezza baru
©Muezza

Dibuat dari bahan alami yang khusus diformulasikan oleh tenaga ahli gizi, brand makanan kucing kering ini dapat membantu menjaga kesehatan anabulmu. Mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang, Muezza bebas dari bahan tambahan sintetik yang berbahaya bagi hewan peliharaanmu.

Terjamin sehat, pemilik kucing pun tak perlu cemas saat memegang dry food atau terjilat liur anabulmu. Pasalnya, Muezza kini sudah mendapat sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tersedia dalam 4 varian rasa lezat, sediakan Muezza untuk penuhi kebutuhan nutrisimu dengan memesannya di marketplace andalanmu seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami