Kucing Oren Alami Sembelit? Bikin Anabul Lebih Nyaman dengan Solusi Tepat

Kucing Oren Alami Sembelit? Bikin Anabul Lebih Nyaman dengan Solusi Tepat
Kucing Oren Alami Sembelit? Bikin Anabul Lebih Nyaman dengan Solusi Tepat. ©Shutterstock
GAYA | 10 Mei 2021 07:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami oleh kucing, termasuk kucing oren. Disebabkan penumpukan kotoran yang tidak normal di usus besarnya, hal ini bikin anabul sulit buang air, bahkan sampai berhari-hari. Membuatnya merasa kurang nyaman, kenali penyebabnya untuk menemukan solusi yang tepat.

Gejala Kucing Sembelit

kucing oren alami sembelit bikin anabul lebih nyaman dengan solusi tepat
©Shutterstock

Ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh kucing saat menderita sembelit. Mulai dari kotorannya yang keras dan kering, terlihat adanya darah atau lendir pada kotorannya, sakit perut, muntah, hingga bolak-balik ke litterbox. Selain itu, anabulmu juga bisa mengalami penurunan nafsu makan, gampang agresif, galak, dan gelisah.

Penyebab Sembelit pada Kucing

kucing oren alami sembelit bikin anabul lebih nyaman dengan solusi tepat
©Shutterstock

Jika kucing oren kesayangangmu tampak susah payah ke litterbox atau beberapa hari kotak pasirnya tampak kosong, bisa jadi anabulmu mengalami sembelit. Alasannya pun beragam, salah satunya dehidrasi akibat hewan peliharaanmu kurang minum. Idealnya, kucing harus minum 3,5-4,5 ons air untuk setiap 3 kilo berat badannya per hari.

Selain itu, penyebab sembelit bisa berasal dari kotak pasir yang kotor dan membuat kucing menghindarinya, kekurangan serat pada makanannya, kegemukan yang menagalami kesulitan mengatur pergerakan usus, hingga efek samping obat. Sebelum membawa anabulmu ke dokter hewan, bisa menjajal solusi alami untuk mengatasi gangguan pencernaan ini.

Pereda Sembelit Alami

kucing oren alami sembelit bikin anabul lebih nyaman dengan solusi tepat
©Shutterstock

Sebelum mencoba obat pencahar yang direkomendasikan oleh dokter hewan, ada beberapa solusi alami yang bisa diberikan pada kucing oren. Jus lidah buaya misalnya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan anabul, tapi sebaiknya dikonsultasikan pada dokter hewan untuk mencegah diare jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, labu juga dapat membantu meredakan sembelit pada kucing, berkat kandungan yang kaya serat dan air. Campurkan 1-2 sendok teh pada cat food hingga 2 kali sehari untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Cat Food yang Meringankan Sembelit

Saat mencari cat food yang dapat mengatasi dan mencegah sembelit, ada beberapa bahan yang dapat membantu mengatur sistem cernanya. Mulai dari serat, lemak sehat untuk memperlancar metabolisme, hingga kandungan protein tinggi dari bahan makanan berkualitas.

Sediakan cat food yang dibuat dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik seperti Muezza. Selain mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam kadar yang seimbang, cat food ini diperkaya Ekstrak Yucca Schidigera. Dibuat dari ligan saponin dan kompleks karbohidrat, kandungan ini menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran cerna.

kucing oren alami sembelit bikin anabul lebih nyaman dengan solusi tepat
©Merdeka

Brand makanan kucing kering ini bukan hanya sehat, tapi juga terjamin halal yang dibuktikan dengan sertifikasi dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu ragu memegang makanannya atau membawanya bepergian, tapi juga mencari lokasi penyimpanannya atau membersihkan wadah makannya di tempat cuci piring.

Ada 4 varian rasa yang ditawarkan seperti Tuna Flavor sebagai best seller, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. Dapatkan varian Muezza favorit kucing orenmu dengan memesannya secara online di Shopee dan Tokopedia untuk menjaga kesehatan anabul kesayanganmu. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami