Kucing Terlalu Kurus, Ikuti Panduan Tepat untuk Menambah Berat Badannya

Kucing Terlalu Kurus, Ikuti Panduan Tepat untuk Menambah Berat Badannya
Kucing Terlalu Kurus, Ikuti Panduan Tepat untuk Menambah Berat Badannya. ©2021 Merdeka.com
GAYA | 24 Februari 2021 07:00 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Ada banyak cerita yang menyorot hewan peliharaan dengan kondisi obesitas, tapi tak jarang kucing juga berjuang mengatasi kekurangan berat badan. Bisa jadi masalah rumit, menambah berat badan bukan sekadar memberikan makanan berlemak atau mengandung karbohidrat tinggi, tapi lebih fokus mencari penyebabnya untuk mendapat solusi terbaik.

Periksa Kondisi Kucing

kucing terlalu kurus ikuti panduan tepat untuk menambah berat badannya
©2021 Merdeka.com


Berat badan kucing tergantung pada usia, ras, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatannya. Berat rata-rata kucing rumahan bisa mencapai 5 kilogram, tapi beberapa ras bisa lebih sedikit atau sebaliknya lebih berat. Selain menggunakan timbangan, kamu juga bisa mencoba merasakan adanya tulang rusuk atau tulang punggung yang cukup menonjol.

Cara terbaik untuk mengetahui kondisi kucing adalah dengan memeriksakan kucing ke dokter hewan untuk mengetahui adanya kemungkinan mengalami masalah kesehatan. Mulai dari gangguan sistem pencernaan, adanya parasit seperti cacing, gangguan gigi dan gusi, diabetes, hingga hipertiroid yang memicu turunnya nafsu makan.

Perubahan Pola Makan

kucing terlalu kurus ikuti panduan tepat untuk menambah berat badannya
©2021 Merdeka.com


Bantu kucing untuk menambah berat badannya dengan mengubah pola makannya. Makanan baru yang lebih enak atau memiliki tekstur yang berbeda dapat meningkatkan nafsu makannya, tanpa mengabaikan kandungan nutrisi.

Biasanya, makanan yang dapat membantu penambahan berat badan dibuat dari bahan hewani sebanyak mungkin serta meningkatkan asupan kalorinya. Konsultasikan pada dokter hewan sebelum mengubah pola makannya. Selain itu, lakukan perubahan secara perlahan untuk menghindari gangguan sistem pencernaan dan menjaga nafsu makan kucing peliharaanmu.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

kucing terlalu kurus ikuti panduan tepat untuk menambah berat badannya
©2021 Merdeka.com


Kucing merupakan karnivora yang mendapatkan nutrisi penting untuk kesehatannya dari produk hewani. Mangsanya di alam liar biasanya mengandung sekitar 55% protein, 45% lemak, dan 1-2% kerbohidrat. Untuk meningkatkan berat badannya, berikan dry food yang mengandung lebih banyak karbohidrat sebagai sumber energi.

Pilih tekstur cat food yang mudah dicerna dan jangan lupa perhatikan kandungannya yang dilengkapi oleh asam lemak omega 3 dan 6. Berikan dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering untuk meningkatkan berat badannya.

Soal makanan kucing, jangan sampai salah pilih. Berikan Muezza sebagai asupan terbaik dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Selain kandungan protein, asam lemak esensial, karbohidrat, vitamin, dan mineral, cat food ini dilengkapi Ekstrak Yucca Schidigera. Menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran cerna, kesehatan kucing jadi lebih terjamin.

bukan hanya munchkin kaki pendek jadi daya tarik 5 ras kucing ini
©muezza

Makin yakin saat memilih Muezza sebagai makanan kucing kesayanganmu. Pasalnya, brand makanan kucing kering ini sudah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas cemas saat memegang makanan kucing, begitu juga saat tak sengaja terkena liur kucing.

Punya tekstur yang cocok di lidah, cat food ini memiliki 4 varian rasa lezat seperti Ocean Fish, Salmon, Tuna, dan Mackerel. Berikan nutrisi tepat untuk menjaga kesehatan kucing, dengan memesan Muezza via online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/aki)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami