Kucingmu Melahap Popcorn yang Terjatuh ke Lantai, Haruskah Khawatir?

Kucingmu Melahap Popcorn yang Terjatuh ke Lantai, Haruskah Khawatir?
©shutterstock
GAYA | 15 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Mengisi akhir pekan dengan menonton serial atau film jadi aktivitas favorit untuk bersantai. Ditemani popcorn yang renyah, tanpa sengaja kamu menjatuhkan beberapa popcorn ke lantai yang langsung dilahap oleh kucing.

Pemilik kucing paham kalau beberapa makanan manusia bisa memicu gangguan pencernaan pada hewan peliharaannya. Apakah popcorn termasuk berbahaya atau cukup aman dijadikan treat?

Aman Asal Tanpa Bumbu

muezza baru
©shutterstock

Saatnya menarik nafas lega karena popcorn bukan termasuk daftar makanan yang beracun bagi kucing, berapa pun usia atau rasnya. Tapi, hanya berlaku untuk berondong jagung biasa karena topping seperti mentega, garam, karamel, atau bubuk bawang putih bisa memicu gangguan kesehatan bagi kucing. Mentega dengan banyak lemak di dalamnya bisa bikin anabul muntah atau diare, sehingga wajib membatasi asupannya serendah mungkin.

Berikan Potongan Kecil

muezza baru
©shutterstock

Selain menghindari pemberian popcorn yang dibuat dengan campuran garam, mentega, atau rempah, pastikan ukurannya tidak terlalu besar. Pasalnya, mulut kucing yang cenderung lebih kecil rentan tersedak saat mecoba memecah makanan yang lebih besar.

Popcorn juga dapat membuat kucingmu cepat kenyang, tanpa memberikan banyak vitamin atau protein yang dibutuhkan oleh hewan peliharaanmu. Jika tergoda untuk memberikannya sebagai camilan, batasi porsinya agar tidak membuatnya kehilangan nafsu makan di jam makan berikutnya.

Minimal Asupan Biji-Bijian

muezza baru
©shutterstock

Kucing merupakan karnivora dengan sistem pencernaan yang tidak dirancang untuk mencerna biji-bijian, seperti manusia. Namun, anabul menyukai tekstur tertentu pada biji-bijian seperti tepung jagung, oat, atau tepung gandung. Selama benar-benar matang dan dalam jumlah terbatas, makanan ini masih dapat dicerna oleh kucing, asal tidak dijadikan pengganti makanan utamanya berupa daging.

Alternatif Camilan

muezza baru
©shutterstock

Jika ingin berekspreimen dengan beberapa camilan sehat, pertimbangkan untuk memberikan sayuran. Pilih yang aman bagi anabul seperti timun, seledri, wortel, paprika hijau, bayam, kacang hijau, kacang polong, labu, maupun brokoli. Nutrisi dalam sayuran ini bisa mendukung pola makannya yang seimbang, tapi tidak semua kucing mungkin akan menyukainya.

Kalau bingung memilih makanan untuk camilan kucing yang sehat, Muezza bisa jadi pilihan yang tepat. menggunakan beragam bahan alami mulai dari mackerel, tuna, sayuran hijau, wortel, jagung, kacang kedelai, singkong, rice bran, salmon, dan telur, brand makanan kucing kering ini mengandung nutrisi yang lengkap.

muezza baru
©Muezza

Diolah dengan teknologi modern dan bebas dari bahan sintetik, brand makanan kucing kering ini terjamin halal dengan sertifikasi dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain jaminan higienis dan sehat, pemilik anabul lebih leluasa memegang cat food, membersihkan peralatan makannya, hingga mencari lokasi penyimpanan.

Ada 4 varian seperti Ocean Fish Flavor, Mackerel Flavor, Salmon Flavor, dan yang jadi best seller Tuna Flavor. Terbukti jadi pilihan pecinta kucing, dapatkan Muezza secara online di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami