Kuliner Minang dengan Resep Autentik, Kanai Ati Bikin Jatuh Hati hingga Luar Negeri

Kuliner Minang dengan Resep Autentik, Kanai Ati Bikin Jatuh Hati hingga Luar Negeri
Kuliner Minang dengan Resep Autentik, Kanai Ati Bikin Jatuh Hati hingga Luar Negeri. ©kanai_ati
GAYA | 6 Agustus 2022 10:25 Reporter : Maretha Andriana

Merdeka.com - Resep masakan turun temurun dari keluarga bisa menjadi salah satu ide dalam mengembangkan usaha kuliner. Hal ini juga yang dilakukan oleh Salman Alfarisi saat memulai bisnis kuliner Kanai Ati di Jakarta.

Terinspirasi untuk menjaga resep warisan leluhur, Salman pun menghadirkan warisan kuliner khas Minang dalam kemasan dengan kelezatan autentik. Cita rasanya bahkan sudah sampai luar negeri, lho. Seperti apa sih perjalanan Salman dalam mengembangkan Kanai Ati dan apa saja tantangannya? Gali lebih jauh ceritanya, yuk!

2 dari 5 halaman

Cita Rasa Minang yang Bikin Jatuh Hati

kuliner minang dengan resep autentik kanai ati bikin jatuh hati hingga luar negeri

©kanai_ati

Dalam wawancara bersama tim ManisdanSedap.com, Salman mengaku bahwa Kanai Ati merupakan usaha yang sudah dijalaninya sejak tahun 2015. Menjawab perubahan zaman, Kanai Ati mulai memperbarui desain packaging dan serius memasarkan lewat digital market sejak Januari 2022.

Mengusung nama Kanai Ati, Salman ingin membuat orang jatuh hati lewat rasa masakan yang autentik.

"Kanai Ati dalam bahasa Minang itu artinya jatuh hati. Jadi, Kanai Ati dengan rasanya yang autentik akan membuat konsumen jatuh hati dengan berbagai masakan Kanai Ati," ceritanya.

3 dari 5 halaman

Menu PO Beragam Masakan Khas Minang

Beragam menu pre order masakan khas Minang disajikan Kanai Ati. Ada beberapa sajian sedap yang bisa dicicipi, mulai dari Rendang Sapi Suwir, Rendang Daging Sengkel Sapi, Rendang Urat Sapi, Rendang Paru Kering, dan Sate Padang. Dari berbagai menu tersebut, ada 2 yang jadi favorit yaitu Rendang Urat Sapi dan Rendang Paru Sapi Kering. Semua menu yang ada dimasak fresh sesuai dengan pre order yang masuk.

kuliner minang dengan resep autentik kanai ati bikin jatuh hati hingga luar negeri
©kanai_ati

"Rendang Kanai Ati dimasak fresh berdasarkan PO. Lalu kita kemas secara vakum. Khusus rendang daging sengkel sapi dan rendang urat sapi kami bekukan sesaat sebelum pengiriman untuk keamanan dalam pengiriman, terutama untuk pengiriman luar kota dan luar negeri," cerita Salman.

Salman juga mengungkapkan semua menu yang dikirim ke pelanggan merupakan masakan yang fresh, karena Kanai Ati tidak pernah menyiapkan stok masakan sebelumnya. Untuk ketahanannya sendiri tergantung jenis masakan.

"Kalau rendang sapi suwir dan rendang paru sapi kering tahan sampai dengan 1,5 bulan setelah buka dan disimpan dalam wadah tertutup," jelasnya.

Selama menjalankan Kanai Ati, Salman menyebut bahwa tantangan terbesar adalah menjaga rasa. “Tantangan utama adalah konsistensi dalam menjaga rasa. Karena persaingan usaha kuliner untuk masakan-masakan autentik seperti rendang sangat tinggi,” lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Kelezatannya Sampai Luar Negeri

kuliner minang dengan resep autentik kanai ati bikin jatuh hati hingga luar negeri
©kanai_ati

Menjual masakan khas Minang dalam kemasan memang menjadi keunggulan tersendiri bagi Kanai Ati, karena produk mereka bisa dikirim ke berbagai kota, bahkan luar negeri.

"Untuk pengiriman kita di Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Bogor, Bali, dan Singapura. Khusus rendang daging dan urat kita bisa sampai di kota mana saja yang dijangkau Paxel. Karena produknya dibekukan dulu jadi kita pakai Paxel frozen. Kalau rendang suwir dan paru bisa pengiriman nasional," jelas Salman.

Menu masakan khas Minang dalam kemasan ini juga mempermudah dalam penyajian untuk pelanggan. "Rendang paru dan suwir karena kering dan tidak masuk kulkas, jadi bisa langsung disantap tanpa perlu dipanaskan terlebih dulu. Sedangkan rendang daging dan urat karena frozen harus dipanaskan sampai wangi di atas api kecil," ungkap Salman.

5 dari 5 halaman

Harapan Terus Memajukan Kanai Ati

Sebagai pelaku usaha, tentunya Salman juga memiliki harapan tersendiri sekaligus rencana ke depan untuk Kanai Ati. "Harapannya bisa menjadi salah satu produsen masakan Minang dalam kemasan yang lebih dikenal luas. Rencana ke depan akan memperbanyak menu-menu yang berasal dari resep turun temurun," pungkasnya.

Upaya Salman untuk terus mengembangkan Kanai Ati agar lebih dikenal masyarakat pun didukung oleh ManisdanSedap.com, platform yang hadir untuk memanjakan para pencinta kuliner dalam melakukan pre order menu makanan favorit dari berbagai kota di Indonesia. ManisdanSedap.com merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Platform ini juga membantu para seller kuliner lokal dalam mempromosikan usaha mereka karena berperan sebagai ‘etalase’ online.

Pemesanannya juga mudah banget, karena dilengkapi dengan fitur tombol pemesanan yang tinggal diklik saja. Nantinya kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp sang penjual, transaksi dilakukan di luar platform, jadi makin mudah!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini