Kulit Kering Bikin Kucing Rewel, Ini 4 Hal yang Jadi Pemicunya

Kulit Kering Bikin Kucing Rewel, Ini 4 Hal yang Jadi Pemicunya
©shutterstock
GAYA | 18 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Kucing yang sehat tentunya bisa bermain dan menemanimu setiap hari dengan mood yang ceria. Sayangnya, kesenangan ini terganggu oleh kulit anabul yang kering dan ditandai oleh munculnya gatal dan sedikit ketombe. Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena bukan penyakit serius, tapi bisa bikin hewan peliharaanmu merasa tidak nyaman karena dipicu oleh beberapa faktor ini.

Udara Kering

muezza baru
©shutterstock

Seperti manusia, kulit kucing pun membutuhkan kelembapan tertentu untuk menjaganya tetap elastis. Sayangnya, lingkungan dengan udara yang lebih dingin dan kering dapat memicu masalah pada kulit anabul.

Untungnya, ada solusi mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan humidifier untuk membantu meningkatkan kelembapan di rumah. Tapi sebaiknya berhati-hati saat menggunakan minyak esensial karena bisa berbahaya bagi hewan peliharaanmu.

Kurang Perawatan

muezza baru
©shutterstock

Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang dapat merawat dirinya sendiri. Tapi jangan hanya mengandalkan grooming yang dilakukan anabul, perawatan rutin tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Hal ini untuk mencegah tumpukan minyak pada kulitnya yang memerangkap bulu dan membuatnya berminyak, bahkan kusut dan berketombe.

Bantu atasi kulit kering pada anabul dengan menyikat bulunya minimal sekali sehari, terutama di area yang sulit dijangkau seperti punggung, perut, dan di belakang telinganya. Selain itu, menjadwalkan mandi juga membantu menjaga bulu dan kulit kucing dalam kondisi terbaik.

Salah Memandikan

muezza baru
©shutterstock

Kebanyakan kucing memang tidak perlu mandi terlalu sering. Apalagi jika mengggunakan sampo yang tidak diformulasikan untuk kucing atau menggunakan air yang terlalu panas, kulit anabul pun berubah kering. Solusinya, gunakan sampo dengan formula lembut dan gunakan air hangat untuk membasahi dan membilas badan kucing hingga bersih.

Kebutuhan Nutrisi

muezza baru
©shutterstock

Pola makan kucing berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Memberi makan makanan berkualitas rendah atau tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, salah satunya memicu kulit kering dan masalah kesehatan lainnya. Pastikan cat food pilihanmu memiliki nutrisi yang tepat, yaitu kandungan protein dan lemak yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, cari makanan kucing dengan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6, yang membantu menjaga kulitnya tetap lembap dan bulunya berkilau. Tak perlu bingung mencari, percayakan pada Muezza yang dibuat hanya dari bahan alami dan bebas bahan sintetik. Rahasia sehatnya ada pada teknik pengolahan modern dan melibatkan tenaga ahli gizi untuk menjamin kecukupan kadar nutrisinya.

muezza baru
©Muezza

Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, yang menjadikanmu lebih leluasa merawat kucing kesayangan tanpa takut terkena liurnya. Ada 4 varian rasa yang bisa dipilih, seperti Tuna Flavor, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor yang sama lezatnya. Tunggu apalagi, segera pesan cat food terbaik dari Muezza di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami