Kurangi Jerawat Secara Alami dengan Kulit Pisang

GAYA | 30 Desember 2018 16:04 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Suka makan pisang? Lain kali jangan buru-buru buang kulitnya ke tempat sampah, ya. Limbah dari buah pisang ini bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Terutama untuk kulit berjerawat.

Dilansir StyleCraze, kulit buah pisang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, di antaranya vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium. Nutrisi yang dikandungnya mampu mendorong regenerasi sel, menjadikannya sempurna untuk mengobati berbagai masalah kulit.

Dilansir Cosmopolitan, pisang adalah pengobatan alami yang bagus untuk jerawat berkat sifat antibakteri lektin dan seng yang efektif membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat dan berpotensi mencegah munculnya jerawat yang baru.

Ilustrasi kulit pisang ©2018 Merdeka.com/Pixabay


Jika ingin mengurangi jerawat secara alami, Anda tinggal memotong kulit buah pisang lalu oleskan bagian dalamnya ke kulit wajah.

Usapkan dengan lembut ke seluruh bagian wajah, kurang lebih selama lima menit atau sampai bagian dalam kulit pisang tadi berubah warna menjadi kecokelatan. Biarkan olesan kulit pisang tadi mengering di atas jerawat Anda.

Setelah itu bersihkan wajah dengan mencucinya menggunakan air hangat. Ulangi perawatan ini setidaknya sehari tiga kali agar efeknya segera terlihat.

Selain mengobati jerawat, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit yang bermasalah dengan psoriasis dan kutil, lho. Jadi mulai sekarang jangan remehkan limbah kulit pisang, ya.

Baca juga:
7 Ramuan Kecantikan dengan Nutrisi Super dari Sayuran
10 Rekomendasi masker buah untuk kulit wajah lembap dan bersinar
5 Resep ice facial untuk mengencangkan dan menyegarkan kulit di cuaca panas
6 Cara untuk manjakan kulit dan rambut di tengah cuaca panas
6 Kesalahan dalam menggunakan krim mata yang perlu diubah sekarang juga

(mdk/tsr)