Advertorial

Langkah Mudah Memilih Helm Motor Terbaik untuk Touring

GAYA | 4 Maret 2019 00:02 Reporter : Ayu Miranti

Merdeka.com - Helm merupakan syarat mutlak berkendara roda dua. Benda ini menjadi vital karena melindungi bagian terpenting dari manusia yaitu kepala, yang juga menjadi rumah bagi pusat aktivitas tubuh, otak.

Bicara soal helm juga tak lepas dari touring, kegiatan paling digemari oleh pecinta motor di Indonesia. Menempuh jarak ratusan hingga ribuan kilometer, melibas aspal hitam bersama teman-teman sesama pehobi roda dua, menjadi sebuah kepuasan tersendiri yang tiada duanya. Tanpa helm, mustahil rasanya melakukan touring. Bukan hanya soal kecepatan, kenyamanan dalam berkendara pun juga sangat ditunjang oleh helm.

Tapi jangan sampai salah pilih pelindung kepala. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat membeli helm motor terbaik untuk touring.

Berstandar SNI

Pastikan helm yang dibeli sudah memiliki label SNI. Tanda ini merupakan jaminan bahwa produk helm yang dipakai telah diproduksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain proses pembuatan yang pas, helm SNI dipastikan juga mengutamakan kenyamanan, kekuatan, serta mendukung keselamatan berkendara.

Kalau pilihan jatuh pada helm impor atau dibeli di luar negeri, pastikan produk sudah dilengkapi dengan label DOT (Departemen of Transportation) atau Snell (Snell Memorial Foundation), yang menjadi standar produk berkendara bagi pasar Amerika Serikat.

Helm Full Face, Pilihan Terbaik untuk Touring

Aktivitas touring bukan sekadar bersenang-senang melibas jalanan. Dibutuhkan konsentrasi penuh saat menempuh perjalanan panjang menuju tujuan. Karena itu, kepala dan mata wajib dilindungi sebaik mungkin.

Untuk menjauhkan mata dari debu dan angin, helm tipe full face merupakan pilihan terbaik. Setidaknya, kekhawatiran akan keselamatan sedikit terkurangi karena kepala memiliki proteksi maksimal terhadap setiap kecelakaan. Selain itu, helm full face juga melindungi telinga dari kebisingan suara kendaraan sehingga membuat kamu jadi lebih nyaman ber-touring ria.

Dilengkapi dengan Visor Berkualitas

Bicara tentang kesehatan mata saat berkendara, helm full face pilihan wajib dilengkapi dengan visor berkualitas. Yang dimaksud berkualitas adalah kuat saat menghadapi benturan dan tidak mudah tergores sehingga memberikan penglihatan yang maksimal bagi pengendara.

Beli Helm yang Sesuai Ukuran

Baju kekecilan atau kebesaran bikin badan tidak nyaman. Begitu juga dengan helm motor, harus pas dengan ukuran kepala kalau ingin nyaman dipakai sepanjang touring. Helm sendiri dibuat dalam empat ukuran berbeda, yaitu S, M, L, dan XL. Jadi pastikan sudah tahu ukuran helm yang sesuai dengan keinginan supaya tak menyesal kemudian. Helm yang terlalu sempit akan mengganggu kenyamanan dan lama-lama akan membuat kepala terasa sakit. Sementara helm yang terlalu longgar justru bisa mengancam keselamatan pengendara karena bisa terlepas saat terjadi kecelakaan, serta bikin pengendara hilang konsentrasi.

Tali Pengikat

Tali pengikat, atau dikenal dengan istilah strap juga memiliki peran penting dalam berkendara. Pastikan helm yang dibeli punya tali pengikat yang kuat, tidak mudah lepas, serta mudah saat dilepas-pasang. Pastikan juga tali pengikat tak terlalu mengekang bagian leher demi kenyamanan berkendara.

Butuh helm berkualitas untuk pengalaman touring terbaik? #MulaiAjaDulu di Tokopedia. Situs belanja online aman dan terpercaya di Indonesia ini memiliki koleksi aneka helm motor terbaik yang siap untuk menemani petualangan bersama tunggangan kesayangan. Mulai dari helm-helm kelas dunia hingga helm cross murah tersedia dan siap dibeli dari ribuan pelapak se-Nusantara.

Sudah siap berpetualang bersama helm terbaik dari Tokopedia?

(mdk/ayu)

TOPIK TERKAIT