Lawan kerutan di dahi dengan 7 langkah ini!

GAYA | 29 Oktober 2013 14:07 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Konon, kerutan dan garis-garis halus di dahi adalah tanda kebijaksanaan. Namun saat ini, kerutan di dahi adalah pertanda penuaan yang sangat ditakuti oleh banyak wanita. Kerutan yang muncul di dahi dipercaya akibat kebiasaan berpikir yang berlebihan. Namun sebenarnya kerutan ini disebabkan oleh kulit yang memang telah menua.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kerutan di dahi? Jangan khawatir. Untuk mencegah kerutan muncul di dahi, kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut ini, seperti dilansir oleh Mag for Women (10/10).

1 dari 7 halaman

Air

Ilustrasi minum air putih. ©Shutterstock.com/BestPhotoStudio

Tak heran jika air disebut sebagai cairan kehidupan. Ada banyak manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan yang didapatkan dari air. Untuk menghindari kerutan di sekitar dahi, pastikan kalian memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan kulit. Kulit yang mendapatkan asupan cairan dengan baik akan lebih elastis dan tak mudah berkerut.

2 dari 7 halaman

Cahaya matahari

Ilustrasi di bawah matahari. ©Shutterstock.com/Petar Paunchev

Paparan sinar matahari yang cukup lama bisa membuat kulit terlihat kering dan menyebabkan kerutan, terutama pada dahi. Jika tak ingin kulit kalian menua dengan cepat sebaiknya hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama. Gunakan tabir surya dengan kadar SPF yang cukup untuk melindungi kulit.

3 dari 7 halaman

Senam wajah

Ilustrasi wajah wanita. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Alliance

Senam wajah mungkin terdengar aneh bagi kalian, namun cara ini bisa bekerja. Salah satu cara mudah melakukan senam wajah adalah dengan mengunyah permen karet. Jika dilakukan dengan benar, senam wajah bisa membantu mengurangi kerutan pada dahi.

4 dari 7 halaman

Berhenti merokok

Ilustrasi wanita merokok. ©Shutterstock.com/Vladislav Pavlovich

Merokok tak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga penampilan. Bukan rahasia lagi bahwa merokok bisa mempengaruhi kecantikan dan keadaan kulit. Salah satunya adalah dengan memunculkan kerutan dan garis-garis halus pada wajah. berhenti merokok untuk membuat kulit kalian tetap sehat dan awet muda.

5 dari 7 halaman

Ceker ayam

Ilustrasi makan. ©Shutterstock/Yuri Arcurs

Tak sedikit orang yang ngerti dan tak suka makan ceker ayam. Namun makanan ini bisa memberikan manfaat untuk menangkal penuaan. Selain rasanya yang gurih dan bernutrisi, ceker ayam juga mengandung banyak kolagen yang membuat kulit tetap elastis sekaligus awet muda.

6 dari 7 halaman

Krim wajah berkualitas

Ilustrasi perawatan wajah. ©2012 Shutterstock/Valua Vitaly

Jika kalian menggunakan krim anti penuaan atau anti kerutan, sebaiknya beli krim yang berkualitas tinggi. Menggunakan krim wajah yang asal-asalan justru bisa memperburuk keadaan kulit kalian. Akan lebih baik jika krim wajah yang kalian gunakan juga disarankan oleh dokter atau para ahli.

7 dari 7 halaman

Botox

Ilustrasi botox. ©Shutterstock.com/Poznyakov

Meski tak disarankan, namun kerutan juga bisa dihilangkan dengan beberapa perawatan wajah seperti operasi laser atau botox. Namun selain memiliki efek samping yang cukup besar, prosedur semacam ini juga harus dibayar mahal. Apalagi jika terjadi kesalahan pada prosedur dan menyebabkan efek samping permanen yang buruk pada wajah.

Itulah beberapa cara mengatasi kerutan pada dahi. Kalian bisa menggunakan cara alami, melakukan perawatan sehari-hari, serta melakukan gaya hidup sehat. Selamat mencoba!

(mdk/kun)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.