Lebih Tenang Menikmati Makanan, Ini Cara Tepat Jauhkan Kucing dari Meja Makan

Lebih Tenang Menikmati Makanan, Ini Cara Tepat Jauhkan Kucing dari Meja Makan
Lebih Tenang Menikmati Makanan, Ini Cara Tepat Jauhkan Kucing dari Meja Makan. ©Shutterstock
GAYA | 8 Mei 2021 11:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Saking cintanya pada hewan peliharaanmu, apa pun yang dilakukan oleh kucing mungkin tampak menggemaskan. Tapi beda cerita saat anabul berusaha menaiki dan duduk di atas meja makan dengan makanan yang tersaji di atasnya. Jangan dibiarkan karena bisa jadi kebiasaan buruk, segera coba beberapa solusi ini.

Jauhkan Cat Food dari Meja

lebih tenang menikmati makanan ini cara tepat jauhkan kucing dari meja makan
©Shutterstock

Hidung kucing bisa mendeteksi lokasi makanan enak dan terkadang tidak sungkan untuk menyerbunya. Bisa jadi anabulmu menginginkan perhatianmu dan memberitahu jika hewan peliharaanmu meminta makan.

Tapi, sebaiknya jangan membiasakan diri atau penghuni rumah lainnya untuk memberinya makan dari piringmu. Pasalnya, hal sederhana ini justru memperkuat kebiasaannya untuk menagih makanan setiap kali ada yang duduk di meja makan. Selain itu, makanan manusia pun belum tentu baik bagi kesehatannya, terutama yang mengandung susu, bawang, hingga kandungan lemak tinggi.

Atur Letak Meja Makan

lebih tenang menikmati makanan ini cara tepat jauhkan kucing dari meja makan
©Shutterstock

Lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, kucing senang melihat aktivitas di luar hingga tiduran di tempat yang hangat dan cerah, seperti di pinggir jendela. Bisa jadi kebiasaan anabul melompat ke meja makan disebabkan oleh letaknya yang menghalanginya untuk melakukan aktivitas favoritnya.

Ada beberapa solusi yang bisa dicoba, misalnya menutup tirai yang ada di dekat meja makan atau dapur atau bikin akses ke jendela lebih mudah seperti memasang rak atau memindahkan cat tower lebih dekat. Selain itu, buat jendela lain lebih menarik dengan memasang umpan untuk menarik burung sebagai pemandangan yang bakal menggugah minat hewan peliharaanmu.

Tawarkan Tempat dengan Posisi Lebih Tinggi

lebih tenang menikmati makanan ini cara tepat jauhkan kucing dari meja makan
©Shutterstock

Secara alami, kucing ingin berada di tempat yang lebih tinggi untuk mengamati wilayahnya dari potensi bahaya predator. Manfaatkan instingnya ini untuk menjauhkannya dari meja makan, misalnya menawarkan cat tower atau rak yang sudah dikosongkan sebagai tempatnya bertengger.

Gunakan Cara yang Lebih Halus

Meneriaki kucing atau menyemprot kucing dengan air hanya akan membuat anabul lebih takut padamu daripada meja makan. Apalagi saat mendorong hewan peliharaanmu dari meja karena dapat membuatnya trauma bahkan cedera. Sebaiknya, angkat kucing dengan hati-hati dan letakkan kembali di lantai.

Bikin meja makan jadi tempat yang kurang diminati kucing dengan berbagai bahan yang mudah ditemukan di rumah. Mulai dari alumunium foil, selotip dua sisi, hingga alas karpet yang dibalik, juga menggunakan taktik lain yang mengeluarkan suara saat kucing berancang-ancang menaiki meja.

Begitu kucingmu mulai belajar kalau dilarang naik ke atas meja makan, berikan pujian atau treat favoritnya, Muezza. Citarasanya yang lezat dengan 4 varian rasa yang berbeda mampu meningkatkan selera makan anabulmu.

lebih tenang menikmati makanan ini cara tepat jauhkan kucing dari meja makan
©Shutterstock

Pemilik kucing pun tak perlu ragu memilih Muezza sebagai cat food harian karena nutrisinya yang lengkap, sehat, dan bebas dari bahan tambahan sintetik. Selain itu, brand makanan kucing kering ini pun terjamin halal dari sertifikasi yang dikeluarkan oleh The Central Islamic Committee of Thailand.

Kini, tak perlu khawatir saat memegang cat food atau menyimpan berdekatan dengan bahan makanan lainnya. Begitu juga saat membawanya bepergian atau membersihkan perlengkapan makan di tempat cuci piring yang sama. Dikemas dengan berbagai keunggulan, saatnya sediakan cat food terbaik untuk kucing kesayanganmu, cukup dengan membeli Muezza di Shopee atau Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami