Lezatnya Sarden dalam Saus Tomat, Amankah Diberikan pada Kucing?

Lezatnya Sarden dalam Saus Tomat, Amankah Diberikan pada Kucing?
Lezatnya Sarden dalam Saus Tomat, Amankah Diberikan pada Kucing?. ©Shutterstock
GAYA | 3 April 2021 11:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Kucingmu tampak menunjukkan rasa tertarik pada sarden dalam kaleng yang kini sedang dimasak di dapur. Aroma sedap ikan menarik perhatiannya dan mulai mengeong meminta makanan.

Sayangnya, meskipun sarden merupakan sumber asam lemak Omega 3 yang dibutuhkan oleh anabul, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memberikan sarden pada kucing kesayangan.

Ini Risikonya

lezatnya sarden dalam saus tomat amankah diberikan pada kucing
©Shutterstock

Sarden kalengan dalam saus tomat merupakan kombinasi rasa yang pas, tapi tidak untuk kucing. Meskipun dapat mentolerir tomat dalam jumlah kecil, sebaiknya hindari memberikannya kepada anabul. Sarden itu sendiri aman dan bahkan dapat bermanfaat bagi hewan peliharaan, tapi tomat bersifat asam dan bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu, apa yang membuat sarden kalengan ini bisa berbahaya jika dimakan oleh kucing adalah kandungan bawang putih dan bawang bombay. Keduanya bisa menjadi racun dan mengganggu kesehatannya, walaupun hanya dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Bahan dalam Sarden Kalengan

lezatnya sarden dalam saus tomat amankah diberikan pada kucing
©Shutterstock

Ada beberapa bahan yang sering ditemukan dalam sarden kalengan. Selain ikan dan saos tomat, ada juga garam, asam sitrat, bumbu-bumbu seperti paprika maupun cabai. Bahan-bahan ini ada yang bisa mengganggu kesehatan anabul, seperti terlalu banyak garam dapat membuat bulunya rontok, sedangkan asam sitrat beracun jika dimakan oleh kucing, dan bumbu yang bisa bikin sistem pencernaannya jadi sensitif.

Solusi Memberikan Sarden sebagai Makanan Kucing

lezatnya sarden dalam saus tomat amankah diberikan pada kucing
©Shutterstock

Jika ingin menyisihkan sedikit sarden, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mencucinya dari saos hingga bersih. Selain itu, varian sarden yang dikemas dalam air atau minyak zaitun merupakan pilihan yang lebih aman, bahkan nutrisi dalam minyak zaitun dapat membantu menjaga bulunya tetap berkilau.

Selain sarden, bisa juga memilih salmon atau tuna kalengan sebagai alternatif makanan kucing. Tapi hati-hati, beberapa masih memiliki tulang ikan yang menempel dan harus dikeluarkan daripada membuat anabulmu tersedak.

Tidak apa-apa sesekali memberi ikan sebagai treat untuk kucing, tapi sebaiknya jangan menjadikannya sebagai makanan sehari-hari terutama yang memiliki bahan tambahan sintetik. Pilih brand makanan kucing kering yang lebih aman dan lengkap kandungan nutrisinya, seperti Muezza.

lezatnya sarden dalam saus tomat amankah diberikan pada kucing
©Merdeka

Dibuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan sintetik, cat food yang satu ini melibatkan tenaga ahli untuk membuat formulasi nutrisi yang tepat dengan dukungan teknologi modern. Membantu menjaga kesehatan anabul dengan nutrisi yang lengkap, sehat, dan seimbang, pemilik kucing pun makin tenang karena Muezza sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Selain lebih leluasa memegang cat food dan memberikannya secara langsung, juga jadi bebas cemas saat mencuci mangkuk makannya di tempat cuci piring, mencari lokasi penyimpanannya, hingga membawanya bepergian. Tersedia dalam varian Tuna Flavor, Mackerel Flavor, Salmon Flavor, dan Ocean Fish Flavor, segera pesan Muezza untuk bantu jaga kesehatan kucingmu dengan memesannya di Shopee maupun Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami