Macam-Macam Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

GAYA | 14 November 2019 11:57 Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merdeka.com - Setelah menikah, tak sedikit perempuan memilih berhenti bekerja dan fokus pada urusan rumah tangga. Namun, ada juga perempuan yang memilih tetap bekerja, atau mencoba berbagai macam usaha rumahan ibu rumah tangga untuk membantu ekonomi keluarga.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bekerja dan menghasilkan uang sendiri. Berada di rumah bukan berarti berhenti untuk terus berkarya atau melakukan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya, Ibu rumah tangga bisa memulai usaha rumahan dengan modal kecil.

Ada macam-macam usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan. Usaha rumahan ini juga tidak menyita banyak waktu dan bisa diatur, sehingga tidak mengganggu urusan rumah tangga yang utama. Dengan memulai usaha rumahan sendiri, kita bisa mandiri dan tidak hanya bergantung pada suami.

Terlebih ibu rumah tangga baru, yang memutuskan berhenti bekerja setelah menikah. Akan lebih bermanfaat jika menghabiskan waktu dengan memulai usaha rumahan. Seperti macam-macam usaha rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil berikut ini.

1 dari 5 halaman

Macam-macam Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Sesuai Hobi

1. Berjualan Kue

Hobi yang menghasilkan tidak hanya berlaku untuk anak muda belum menikah saja, tapi juga bisa dilakukan ibu rumah tangga. Membuat kue menjadi hobi yang cukup digemari kaum hawa, selain menyenangkan, hobi ini bisa menghasilkan kalau dilakukan dengan baik dan telaten, lho.

Ibu rumah tangga bisa membuat berbagai jenis kue, dari kue kering, basah dan jenis kue lainnya. Usaha rumahan ini bisa dimulai dari pesanan jumlah kecil, atau mulai memasarkannya di media sosial. Tidak hanya menghasilkan uang saja, kegemaran juga bisa tersalurkan.

2 dari 5 halaman

Usaha Rumahan Kerajinan Tangan

2. Jasa Jahit

Selain membuat kue atau baking, menjahit jadi hobi juga cukup digemari kaum hawa. Usaha rumahan ini membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Agar tidak keteteran dengan urusan rumah tangga, kita bisa mulai dari pesanan sederhana dan jumlah sedikit.

3. Membuat Kerajinan Tangan

Bagi ibu rumah tangga yang gemar membuat kerajinan tangan, mungkin bisa memulai usaha rumahan dengan memanfaatkan hobinya ini. Ada banyak jenis kerajinan tangan yang mudah dibuat tapi memiliki nilai jual yang cukup tinggi, seperti bros atau peniti jilbab, bingkai foto, kalung, gelang, atau kerajinan lain dari daur ulang sampah. Kita bisa menjual hasil karya kita ke tetangga atau lewat media sosial, mudah, kan?

3 dari 5 halaman

Usaha Rumahan dengan Modal Sedikit

4. Jasa Pembayaran Online

Kalau ibu rumah tangga tidak memiliki hobi yang bisa peluang usaha, bukan berarti tidak bisa memulai usaha rumahan sendiri. Masih banyak macam-macam usaha rumahan ibu rumah tangga yang tidak berkaitan dengan hobi, bahkan hanya butuh sedikit modal. Di antaranya adalah usaha jasa pembayaran online.

Di zaman yang semakin maju, banyak jenis pembayaran tagihan dilakukan secara online. Ibu rumah tangga bisa memanfaatkan peluang ini dengan ikut bergabung ke penyedia jasa pembayaran online dan membuka sendiri outlet pembayaran online, dari jasa pembayaran tagihan telepon, listrik, air, dan belanja online.

5. Online Shop

Masih berkaitan dengan dunia digital dan penggunaan jaringan internet, kita bisa memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Menjadi drop shipper, atau bisnis online lainnya bisa dilakukan dengan mudah. Hanya cukup bermodalkan gadget dan koneksi internet saja, bisnis online bisa dijalankan. Kunci kesuksesannya ada pada keuletan dan ketelitian.

4 dari 5 halaman

Usaha Rumahan yang Mudah

6. Jasa Laundry

Macam usaha rumahan ibu rumah tangga satu ini membutuhkan tenaga ekstra. Untuk memulai usaha laundry rumahan, kita bisa menggunakan mesin cuci dan setrika yang dimiliki di rumah. Untuk pesanan, sebaiknya mengambil dengan jumlah sedikit lebih dulu.

Apabila usaha rumahan ini ditekuni dengan baik, bukan tidak mungkin usaha kecil bisa menjadi usaha rumahan skala besar. Dalam jangka panjang, usaha rumahan ini bisa membuka peluang kerja baru bagi ibu rumah tangga lain.

7. Membuka Warung Kecil

Membuka warung kecil di rumah bisa menjadi usaha rumahan ibu rumah tangga yang membantu ekonomi keluarga. Ibu rumah tangga bisa membuka warung makan sederhana, atau toko kelontong dengan konsep rumahan sederhana. Usaha rumahan ini sangat mudah dilakukan, namun membutuhkan ketelitian untuk menentukan untung rugi saat berbelanja persediaan.

5 dari 5 halaman

Usaha Rumahan yang Tak Merepotkan

8. Les Privat

Bagi wanita karir yang memilih berhenti bekerja setelah menikah, usaha rumahan ini bisa dijadikan pilihan. Membuka usaha les privat tentu tidak memerlukan banyak waktu dan kita bisa mengatur sendiri kapan dan di mana les berlangsung. Hal terpenting untuk memulai usaha ini ialah kemampuan memahami kurikulum terbaru dan pola belajar anak.

Usaha ini tidak hanya mampu membantu dari segi ekonomi saja, tapi juga bisa membantu dari segi psikis, terlebih bagi pasangan yang belum memiliki anak.

9. Penulis Lepas

Di zaman serba canggih ini, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya ialah menjadi penulis lepas untuk perusahaan tertentu. Selain mampu mengatur waktu pengerjaannya, kita juga bisa memilih sendiri tulisan mana yang akan dikerjakan. Usaha sederhana ini tentu tidak akan mengganggu urusan rumah tangga lain, karena waktu pengerjaannya lebih fleksibel.

Sudah siap memulai usaha rumahan dengan modal kecil?

(mdk/snw)