Mata gampang berair? Ini 9 tips makeup yang sesuai untukmu

GAYA | 18 September 2018 04:01 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Mereka yang memiliki mata sensitif dan berair biasanya cukup bermasalah dengan makeup mata. Maskara dan eyeliner jadi gampang luntur karena mata terus-menerus mengeluarkan cairan. Belum lagi endapan lipid yang tampak menggumpal di sudut mata. Bikin riasan jadi kurang paripurna.

Air mata sebenarnya dirancang untuk menjaga agar kornea terlumasi, melindunginya dari paparan dan penguapan. Ini merupakan hal yang wajar. Agar riasan mata tak mudah belepotan karenanya, Anda bisa mencoba beberapa tips makeup dari Self (25/8).

1. Gunakan obat tetes sebelum mengaplikasikan makeup

Pastikan untuk menggunakan obat tetes tanpa pengawet dan tidak ditargetkan untuk mata kemerahan. Jika Anda menggunakan obat tetes yang salah, keadaan mata cenderung akan bertambah buruk.

2. Gunakan makeup hipoalergi

Jika menurut Anda air mata adalah reaksi alergi terhadap sebuah produk, maka carilah produk makeup yang hipoalergi. Wewangian dan pewarna di dalam sebuah produk memang bisa sangat mengganggu mata yang sensitif.

3. Pastikan sikat makeup yang digunakan bersih dan makeup belum kadaluwarsa

Banyak orang masih berpikir bahwa berbagi alat makeup dengan orang lain aman untuk dilakukan. Berbagi alat makeup dengan orang lain bisa menyebabkan Anda mengalami infeksi mata.

4. Gunakan primer makeup

Jika mata Anda berair terus menerus, siapkan daerah tersebut dengan menggunakan primer bawah mata dan krim mata. Primer dapat membantu melembapkan dan memperlama daya tahan makeup.

5. Hindari melapisi garis air dan bulu mata bagian bawah

Menggunakan eyeliner di bagian dalam antara bulu mata dan bola mata bisa membuat mata berair lebih buruk. Garis air adalah tempat kelenjar meibom berada, kelenjar yang mengeluarkan minyak untuk melapisi bola mata, membantu menahan air mata di permukaan tanpa menguap.

6. Mendongak

Jika mata berair di pertengahan proses makeup, tengadahkan kepala, tarik napas, dan lihat ke atas. Cobalah untuk tidak terlalu sering mengedipkan mata.

7. Selalu membawa tisu

Siapkan selalu tisu di dalam tas atau dompet. Jadi setiap kali mata terasa berair, setidaknya Anda bisa menahannya agar tidak merusak makeup. Jangan digosok, cukup ditepuk-tepuk saja sampai meresap ke dalam tisu.

8. Hindari sapuan bedak di area mata

Bedak bisa benar-benar menyerap air, menciptakan garis dalam makeup Anda. Jika Anda menyempurnakan tampilan makeup, gunakan setting spray sebagai alternatif yang lebih baik.

9. Hapus makeup di malam hari

Untuk menghindari iritasi mata dan mata berair yang lebih buruk, pastikan untuk menghapus makeup di malam hari. Jika Anda menggunakan produk makeup yang tahan air, maka gunakan pembersih dengan bahan dasar minyak.

Demikian tips makeup bagi para pemilik mata yang mudah berair. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Reporter: Annissa Wulan
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Tutorial cara memakai eyeliner gaya puppy eyes dan cat eyes
Tutorial makeup Idul Fitri, lebaran makin cantik dengan sentuhan natural
6 Kesalahan umum saat makeup bagi para pemula
5 Hal yang harus diperhatikan jika ingin memakai lensa kontak bersama makeup
Tutorial memakai lensa kontak bersama makeup

(mdk/tsr)