Mayones, Perawatan untuk Rambut Rusak ala Blake Lively dan Zoe Saldana

GAYA | 2 Februari 2019 13:31 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Tahukah Anda, mayones bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut? Meskipun terdengar janggal, bahan makanan yang satu ini dipercaya para wanita di barat sejak lama. Bahkan selebriti dunia seperti Blake Lively dan Zoe Saldana pun merawat rambut dengan mayones.

"Ibuku mengajarkan tips cantik yang luar biasa ini kepadaku. Dia biasa memakai minyak atau mayones pada separuh bagian rambutnya sebelum mandi," tutur Blake kepada Byrdie. "Dengan begitu, saat memakai sampo, busanya tidak akan mengenai bagian bawah rambut dan membuatnya kering, rapuh."

Blake Lively ©Instagram/blakelively


Zoe yang juga mewarisi tips cantik sejenis dari ibunya mengaku masih menerapkannya paling tidak setahun sekali.

"Setahun sekali, kami masih berkumpul dan mengoleskan mayones pada rambut kami untuk mengenang masa lalu," katanya dalam wawancara dengan Allure.

Zoe Saldana ©Instagram/zoesaldana


Mayones memang mengandung semua bahan pelembap yang dibutuhkan untuk mengembalikan kesehatan batang rambut, antara lain minyak tumbuhan, kuning telur, dan lemon. Bahkan cuka yang terkandung di dalamnya pun baik untuk rambut.

Ilustrasi mayones ©iStock


Dilansir StyleCraze, protein di dalam mayones akan menempel dengan sempurna pada helai rambut. Protein ini akan menjadikan rambut jadi lebih bervolume dan berkilau.

Sementara itu, sifat asam yang terdapat dalam mayones dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH di rambut Anda. Keseimbangan pH ini perlu agar rambut tidak kering dan mudah patah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup oleskan mayones pada batang rambut. Pilih mayones yang tidak ditambahi wasabi, bawang putih, atau cabai, ya. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam, kemudian keramas rambut seperti biasa.

Baca juga:
Pulihkan Rambut Kering dan Rusak dengan Masker Alpukat Madu
5 Hal yang Dapat Menjadi Faktor Kerontokan pada Rambut
Panjangkan Rambut Tanpa Rontok dengan Overnight Treatment Aloe Vera
Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kulit Kepala Berbau Tak Sedap
6 Bahan Alami untuk Atasi Kulit Kepala Berbau Tak Sedap

(mdk/tsr)