Melihat Penampilan Durian Termahal yang Terjual Rp682 Juta

GAYA | 23 Juni 2019 00:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Baru-baru ini sebuah durian berhasil terjual di Festival King of Durian 2019, Thailand. Buah tersebut laku dengan harga $48 ribu atau sekitar Rp682 juta dan menjadi buah durian termahal di dunia saat ini.

Dilansir dari laman Chanel News Asia, durian termahal itu berasal varietas kanyao. Kehadirannya telah menarik perhatian puluhan pecinta durian yang hadir di Nonthaburi saat itu. Acara menampilkan setidaknya sembilan durian yang dibawakan para model di atas bantal beludru merah dan emas. Durian itu terdiri dari jenis Montong, Kanyao, dan Kop Med Tao yang masing-masing seharga lebih dari 300 ribu baht atau setara Rp136 juta.

©2019 VCG Photo

Panitia menyatakan durian termahal itu dipanen sehari sebelum lelang berlangsung dari sebuah perkebunan dengan harga minimum 20 ribu baht atau setara Rp9 juta. Durian kanyao yang memiliki ukuran, bentuk, dan tingkat kematangan sempurna mengalahkan rekor durian termahal sebelumnya yang bernilai 800 ribu baht atau setara Rp363 juta.

©2019 VCG Photo

Pemilik kebun durian kanyao, Pa Toi Lung Mu, Maliwan Han Chai Tai mengaku sudah menduga durian hasil produksinya merupakan buah yang spesial. Namun, ia tak menyangka harganya menjadi sangat tinggi.

"Saya memprediksi harganya satu juta baht, jadi ketika terjual lebih tinggi, itu sangat baik," ujarnya.

Ia berharap penawar yang berhasil mendapatkan durian mahal itu bisa menikmatinya. "Varietas ini [kanyao] paling sedap di dunia dan kami akan terus menumbuhkannya."

©2019 VCG Photo

Durian kanyao yang termahal di dunia itu berhasil didapatkan seorang pengusaha lokal kaya. Sejumlah 4,5 juta baht atau sekitar Rp2 miliar berhasil dikumpulkan dari pelelangan tersebut.

Selanjutnya, uang yang terkumpul akan diserahkan kepada para petani serta didonasikan untuk membeli peralatan kesehatan untuk rumah sakit.

Reporter: Dinny Mutiah
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Di Balik Bau Durian Tersimpan Sejumlah Manfaat untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita
Aroma Durian Bikin Pengunjung Perpustakaan di Canberra Dievakuasi
Pengusaha Durian Thailand Batalkan Sayembara Cari Mantu sebab Calonnya Terlalu Tampan
Pengusaha Durian Asal Thailand Tawarkan Rp 4,4 Miliar bagi Pria Mau Nikahi Putri
Kelestarian Hutan Malaysia Terancam Tingginya Permintaan Durian

(mdk/tsr)