Mendunia, Kopi Indonesia Diminati Pasar Mesir

GAYA | 21 Februari 2019 12:06 Reporter : liputan6.com

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta - Kualitas kopi asal Indonesia berhasil memikat pasar dunia, termasuk Mesir. Hal ini dibuktikan dengan masyarakat Mesir yang rela antre demi mencicip kopi di acara Hari Indonesia-Mesir di Luxor, sekitar 650 kilometer dari Kairo.

Agenda kebudayaan dan perdagangan di Perpustakaan Umum dan Luxor Conference Hall, Luxor, ini berlangsung pada 19 Februari 2019, di mana penyelenggaraannya merupakan kerja sama KBRI Cairo dengan Pemerintah Provinsi Luxor.

Acara dimeriahkan dengan pementasan kesenian, stand kerajinan dan produk dari kedua negara. Indonesia sendiri memamerkan kopi, rempah, mi instan, dan biskuit, sedangkan Mesir membawa sejumlah kerajinan tangan warga Luxor. Ada pula satu stand khusus yang menampilkan produk karya anak-anak penyandang disabilitas.

Para pengunjung diberi kesempatan menyeduh kopi atau mi instan dengan air panas yang telah disediakan. Antusiasme yang besar tampak dari antrean yang mengular, lantaran penasaran ingin mencicipi produk Indonesia.

"Kopi Indonesia memang sangat khas, aromanya sangat lezat," komentar warga Luxor, Mahmud, lewat keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Kamis, (21/2/2019).

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, dalam sambutannya menyampaikan gembira atas terlaksananya kegiatan kebudayaan RI-Mesir di Luxor, Mengingat Luxor kaya dengan peradaban sejarah Mesir kuno dan menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Kegiatan ini tidak lepas dari upaya untuk memperkuat kerja sama Mesir dan Indonesia di bidang perdagangan dan kebudayaan," kata Helmy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

TOPIK TERKAIT