Mengapa Tea Tree Oil Efektif Mengatasi Jerawat, Ketombe, dan Masalah Kulit Lain?

Mengapa Tea Tree Oil Efektif Mengatasi Jerawat, Ketombe, dan Masalah Kulit Lain?
Ilustrasi tea tree oil. ©Shutterstock
GAYA | 17 Januari 2021 00:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Dilansir Healthline, tea tree oil merupakan minyak esensial yang diekstrak dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. Selain disebut tea tree, tanaman ini juga dikenal dengan nama narrow-leaved paperbark. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Australia dan dimanfaatkan oleh suku Aborigin untuk pengobatan selama berabad-abad.

Saat ini, tea tree oil populer sebagai kandungan produk skincare dan haircare di dunia kecantikan. Minyak ini disebut memiliki khasiat antiseptik, antijamur, antibakteri, antiinflamasi, hingga antivirus. Sebenarnya, kandungan apa yang dimiliki tea tree oil? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kandungan Tea Tree Oil

Dilansir StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol. Kandungan terpinen-4-ol yang dimiliki tea tree oil terbukti dapat membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Terpinen-4-ol juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan bakteri dan 'benda asing' lainnya yang menyerang tubuh. Karena itulah tea tree oil efektif untuk mengatasi infeksi jamur, bakteri, dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit.

Sejumlah penelitian menunjukkan tea tree oil mampu membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae, H. influenzae, S. aureus penyebab infeksi luka, jamur Tinea pedis penyebab kutu air, dan onikomikosis (jamur kuku).

Dilansir Healthline, tea tree oil juga terbukti lebih efektif dalam mengatasi jerawat tiga kali lebih efektif daripada placebo dan sama efektifnya dengan benzoyl peroxide yang biasa digunakan untuk menangani jerawat.

Jadi sudah paham kan, kenapa tea tree oil begitu ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit? (mdk/tsr)

Baca juga:
12 Manfaat Tea Tree Oil Selain Mengatasi Jerawat dan Ketombe
Konsumsi Ubi Jalar: Nutrisi, Khasiat Kecantikan, Kesehatan, dan Cara Mengolahnya
Tak Malu Jualan Sayur Keliling Kampung, Perjuangan Wanita Cantik Ini Jadi Sorotan
6 Tanaman Obat untuk Kesehatan Kulit, Bantu Tampil Cantik Alami
8 Cara Mempercantik Diri agar Tetap Tampil Atraktif, Tak Hanya dengan Make Up

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami