Mengenal Jenis-Jenis Kerupuk Palembang, Mulai Kemplang Bakar sampai Kemplang Pilus

Mengenal Jenis-Jenis Kerupuk Palembang, Mulai Kemplang Bakar sampai Kemplang Pilus
GAYA | 21 November 2020 02:04 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kemplang atau dikenal juga dengan nama kerupuk Palembang adalah makanan khas Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini juga terdapat di Lampung dan Bangka Belitung. Kalau Anda berkunjung ke toko oleh-oleh di tiga provinsi tersebut, bisa jadi kemplang bertengger di salah satu raknya.

Sebelum mencicipi kerupuk Palembang alias kemplang, mari kita ketahui lebih dalam tentang makanan yang satu ini.

Dikemplang Sampai Pipih

ilustrasi kemplang

©ResepKoki

Kenapa kerupuk Palembang dinamai kemplang? Kemplang berarti 'dipukul'. Adonan kerupuk yang sudah dicampur rata dipukul-pukul sampai rata dan pipih. Jadi saat proses pengeringan nanti kerupuk bisa kering secara merata. Saat digoreng pun hasilnya bisa renyah menyeluruh.

Kemplang biasanya terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan giling. Sementara untuk penyajiannya, kerupuk Palembang digoreng hingga mengembang. Ada yang disajikan langsung, ada pula yang dibakar terlebih dahulu. Setelah itu disajikan bersama cocolan khusus yang rasanya manis gurih.

Dulu Ikan Belida, Sekarang Beralih ke Tenggiri

ilustrasi ikan belida

©Creative Commons/Kembangraps

Dulu, kerupuk kemplang dibuat dari daging ikan belida dan tepung tapioka. Ikan belida atau ikan lopis adalah jenis ikan air tawar yang dulu sering ditangkap warga dari Sungai Belida, Musi, dan Batanghari. Karena pencemaran sungai yang memburuk, sekarang ikan belida sulit didapat. Saking langkanya, pedagang yang kedapatan menjual ikan ini bahkan bisa berurusan dengan aparat.

Karena ikan belida sulit dicari, para pembuat kemplang beralih ke ikan tenggiri. Konon rasanya tak segurih belida, namun masih cukup mendekati jika dibandingkan jenis ikan lainnya. Hal yang sama juga terjadi pada pempek, makanan khas Palembang lainnya. Dulu, makanan ini pun terbuat dari daging ikan belida. Sekarang umumnya dibuat dari daging ikan tenggiri atau ikan gabus buat konsumen yang alergi sumber protein laut.

Baca Selanjutnya: Jenis-Jenis Kerupuk Palembang atau Kemplang...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami