Mengenal Micronation, Negara-Negara Mini yang Sejarahnya Kerap Bikin Ngakak

Mengenal Micronation, Negara-Negara Mini yang Sejarahnya Kerap Bikin Ngakak
GAYA | 14 Februari 2020 10:23 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Pernah dengar yang namanya negara mikro? Menurut World Atlas: World Fact, negara mikro berasal dari istilah Inggris micronation. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut adalah sebuah negara dengan daerah yurisdiksi yang sangat kecil.

Negara seperti ini benar-benar berdaulat dan berdiri sendiri, tetapi keberadaannya tidak diakui oleh pemerintah negara-negara lain atau organisasi internasional.

1 dari 3 halaman

Perbedaan Micronation dan Microstate

Negara mikro dalam artian micronation sangat berbeda dengan negara mikro (microstate) yang wilayah kedaulatannya juga kecil tetapi diakui keberadaannya oleh dunia internasional seperti Vatikan, San Marino, Singapura, Nauru, dan Liechtenstein.

Micronation umumnya adalah suatu kawasan terpencil dengan luas wilayah sangat terbatas yang kemudian diklaim oleh seseorang atau sekelompok manusia, kemudian memproklamirkan kemerdekaan dan menjalankan aktivitas seperti layaknya sebuah negara. Micronation memiliki pemerintahan, hukum, lambang negara, dan mata uang resmi. Bahkan ada yang memiliki angkatan bersenjata sendiri.

2 dari 3 halaman

Luas Wilayah Micronation

asgardia

Asgardia.space

Ada puluhan micronation dengan wilayah kekuasaan super kecil yang berdaulat di dunia ini. Semuanya didirikan untuk berbagai tujuan dan memiliki sejarah yang unik-unik pula.

Kepangeranan Sealand disebut sebagai mimicronation terkecil di dunia dengan wilayah kedaulatan berupa benteng bekas Perang Dunia II di lepas pantai Inggris. Sementara Westarctica yang daerah kekuasaannya mencapai 5,7 hektar dianggap sebagai micronation terbesar.

Ada juga Kerajaan Angkasa Asgardia yang mengklaim satelit Asgardia-1 sebagai daerah kekuasaan. Masih ada yang lebih gila, misalnya saja Freetown Christiania yang menempati bekas pangkalan militer di Kopenhagen, Denmark. Micronation yang satu ini disebut surganya kaum hippies, anarkis, dan para pecandu narkoba.

3 dari 3 halaman

Sealand, Negara Mungil Cuma Sebesar Benteng

kepangeranan sealand

2014 Merdeka.com/Wikimedia Commons/Richard Lazenby

Salah satu contoh micronation yang terunik adalah Kepangeranan Sealand. Jangan dibandingkan dengan Monako yang juga berbentuk kepangeranan. Pasalnya wilayah kekuasaan Sealand jauh lebih kecil lagi dari negerinya Grace Kelly itu.

Wilayah kekuasaan Sealand hanya mencakup sebuah bangunan di lepas pantai Suffolk. Dulunya merupakan basis pertahanan laut Inggris saat Perang Dunia II.

Karena tempat itu ditelantarkan setelah Perang Dunia berakhir, seorang pensiunan mayor bernama Paddy Roy Bates mengklaim tempat itu. Tadinya ia berniat untuk menjadikan 'benteng' itu sebagai stasiun radio tak resmi. Tetapi kemudian ia lebih memilih untuk mendirikan sebuah negara yang berdaulat. (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Objek Wisata Keren di Pulau Bawean Gresik yang Tak Banyak Diketahui
Murah Meriah, 6 Objek Wisata Gratis di Surabaya yang Instagramable
10 Pantai Paling Berbahaya di Asia Tenggara, Termasuk dari Indonesia
Mengintip Isi Museum Mabuk di Zagreb, Kroasia
Sederet Objek Wisata Iran yang Tak Banyak Diketahui Pelancong

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami