Mengenal Mushroom Water dan Manfaat Kecantikan yang Dikandungnya

Mengenal Mushroom Water dan Manfaat Kecantikan yang Dikandungnya
GAYA | 9 Januari 2020 12:06 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu sempat trending infused water sebagai minuman kesehatan. Minuman ini umumnya menggunakan buah-buahan, sayuran seperti mentimun, atau daun mint. Air nabeez dengan campuran kurma yang disebut warisan Rasulullah juga sempat trendy di dunia kesehatan. Kali ini giliran mushroom water alias air jamur yang mulai dilirik para beauty enthusiast.

Apa itu mushroom water? Apakah sama dengan mushroom tea dan infused water? Seperti apa khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini penjelasan lengkap dari Lisa Young, Ph.D., pakar nutrisi kepada PureWow.

1 dari 2 halaman

Mengenal Mushroom Water

lions mane mushroom

Paleo Foundation

Jamur-jamuran disebut superfood karena kandungan vitamin D, serat, dan antioksidannya. Beberapa jenis jamur seperti Chagas disebut-sebut karena kemampuannya untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Cordyceps disebut mampu meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh. Sementara Lion's Mane berkhasiat meningkatkan fungsi otak dan reishi banyak dicari karena khasiatnya dalam melawan tumor serta kanker otak.

Jenis-jenis jamur ini lantas dikeringkan dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan berbagai bahan berkhasiat seperti gandum organik, ekstrak buah bubuk, dan probiotik. Jadilah suplemen berbahan jamur yang siap dikonsumsi.

Agar bisa dikonsumsi sebagai mushroom water, suplemen jamur lantas dicampur bersama air dan dikocok sampai rata. Setelah itu tinggal diminum seperti minuman kesehatan pada umumnya.

2 dari 2 halaman

Khasiat Mushroom Water

ilustrasi bubuk jamur

Creative Market

Mushroom water ini dipercaya dapat membuat kulit, rambut, dan kuku menjadi lebih sehat. Selain itu, membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan mengurangi kecemasan agar lebih mudah fokus.

Beberapa orang yang pernah mencoba air jamur mengatakan bahwa mereka menjadi lebih fokus, bahkan tanpa asupan kafein sama sekali.

Ada banyak merek bubuk jamur yang telah beredar di pasaran. Namun, sebelum mengonsumsi bubuk jamur, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Selama mendapatkan persetujuan dari dokter, mushroom water boleh dikonsumsi bersama dengan diet sehat dan olahraga yang sedang kamu lakukan.

Reporter: Annissa Wulan
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
7 Manfaat Konsumsi Jus Jeruk Murni untuk Wanita
Resep Wedang Tolak Angin Buatan Sendiri untuk Jaga Daya Tahan Tubuh
Resep Detox Drink Dr. Axe: Cuci Liver, Tingkatkan Imun, sampai Bikin Kulit Glowing
Bukan Air Putih, Ini sebenarnya Minuman yang Paling Mampu Menghilangkan Dahaga
4 Dampak Negatif yang Bisa Kamu Alami Saat Menerapkan Juicing Diet

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami