Mengenal Nutrisi Hidroponik dan Cara Membuatnya Sendiri

Mengenal Nutrisi Hidroponik dan Cara Membuatnya Sendiri
GAYA | 23 November 2020 12:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Tertarik untuk menanam sayuran hidroponik? Bercocok tanam dengan teknik hidroponik tampaknya menjadi hobi baru bagi banyak orang di tengah pandemi. Selain mudah dilakukan, berkebun dengan metode hidroponik tidak membutuhkan lahan dan bisa menjadi alternatif kegiatan produktif selama social distancing.

Cara Menanam Kangkung Hidroponik yang Mudah Dilakukan di Rumah

Sebelumnya, Merdeka.com sudah menyajikan beberapa cara untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik. Setelah memahami teknik dasarnya, sekarang saatnya mengenal larutan nutrisi untuk tanaman hidroponik.

Mengenal Nutrisi Hidroponik Lebih Jauh

Pada dasarnya, nutrisi hidroponik merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik agar dapat tumbuh dengan baik. Tujuan pemberian nutrisi hidroponik adalah menambahkan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan pada media tanamnya.

Normalnya, unsur hara seperti nitrogen bisa didapat dari tanah. Namun karena media tanam tumbuhan hidroponik tidak menggunakan tanah, maka diperlukan nutrisi khusus agar tunas dan daun bisa tumbuh dengan baik.

Beberapa zat penting yang perlu dimiliki nutrisi hidroponik selain nitrogen adalah fosfat untuk pembentukan akar, kalium untuk membantu proses fotosintesis, kalsium, sulfur, dan magnesium. Selain itu, nutrisi hidroponik juga harus mengandung unsur mikro seperti besi, mangan, seng, boron, klor, dan molibdenum.

Baca Selanjutnya: Jenis-Jenis Nutrisi Hidroponik yang Tersedia...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami