Mengenal Peridot si Berlian Hijau dan Berbagai Khasiatnya

Mengenal Peridot si Berlian Hijau dan Berbagai Khasiatnya
GAYA | 23 November 2020 11:42 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Peridot adalah jenis batu permata dengan warna hijau. Batu permata ini hadir dalam warna hijau kekuningan sampai hijau zaitun. Warnanya yang elegan menjadikan batu ini banyak disukai untuk perhiasan. Terutama sebagai alternatif dari zamrud yang harganya jauh lebih mahal.

Peridot biasanya dipoles dan diikat bersama perhiasan seperti gelang, kalung, dan anting. Ada juga yang menggunakan perhiasan berhias peridot untuk terapi penyembuhan.

Peridot terbentuk dari komposisi kimia dari mineral kristal olivine. Sama dengan kristal yang membentuk fenomena pantai berpasir hijau di Hawaii. Olivine ini berasal dari lava gunung berapi, sama seperti intan.

Nuansa Warna Batu Peridot

ilustrasi batu peridot

©Lifestyle Asia Hong Kong

Tidak seperti opal, giok, dan agate yang memiliki banyak warna; peridot hanya terdiri dari satu warna. Walaupun begitu, sebongkah peridot bisa memiliki warna hijau muda, hijau kekuningan, hingga hijau tua seperti zamrud.

Peridot dengan warna hijau tua memiliki tampilan yang mirip dengan zamrud atau emerald. Karena itulah batu ini banyak disarankan untuk mereka yang menginginkan batu permata hijau, namun memiliki budget terbatas. Pasalnya peridot memang jauh lebih murah dan mudah didapat daripada zamrud.

Baca Selanjutnya: Khasiat Peridot Memelihara Sistem Pencernaan...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami