Mengenal Zoodles dan Jenis Vegetable Noodles Lainnya

GAYA | 24 September 2019 15:02 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ingin mengontrol asupan kalori dengan lebih banyak menyantap makanan sehat? Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk mengonsumsi vegetable noodles.

Sebenarnya apa itu vegetable noodles? Ini adalah sayur-sayuran segar yang diserut menyerupai mi menggunakan spiralizer.

Vegetable noodles sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian. Selain itu, pecinta daging pun mulai melirik vegetable noodles sebagai opsi pengganti mi yang lebih rendah kalori.

Apa saja jenis-jenis vegetable noodles dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini kita bahas selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Zoodles

Ilustrasi vegetable noodles. Shutterstock

Ganti udon, bakmi, atau spaghetti favorit Anda dengan alternatif yang lebih rendah kalori. Misalnya zoodles atau zucchini noodles. Anda bisa membuat mi favorit vegetarian dengan menyerut zukini menggunakan spiralizer.

2 dari 7 halaman

Eggplant Noodles

Ilustrasi eggplant noodles. Kitchn

Selain zoodles, ada pula eggplant noodles. Mi yang satu ini terbuat dari terong.

Anda bisa membuat eggplant noodles dari terong ungu atau hijau yang diserut menggunakan spiralizer. Terong yang diiris tipis-tipis juga bisa digunakan.

Satu hal yang perlu diingat saat mengolah eggplant noodles adalah tidak memasaknya terlalu lama, karena terong mudah lembek.


3 dari 7 halaman

Carrot Noodles

Ilustrasi vegetable noodles. Shutterstock

Terbuat dari wortel, carrot noodles bisa dijadikan hidangan pendamping atau makanan utama. Agar rasanya lebih nikmat, gunakan wortel impor yang memiliki rasa lebih manis dan tidak langu jika dibandingkan dengan wortel lokal.

Jika Anda ingin menjadikan carrot noodles sebagai hidangan pendamping, remas-remas dengan garam dan cuka. Anda juga bisa menyantapnya bersama mayones.

4 dari 7 halaman

Cucumber Noodles

Ilustrasi vegetable noodles. Shutterstock

Selain zoodles yang berbahan zukini, Anda juga bisa menggunakan mentimun yang diserut. Mentimun yang mengandung banyak cairan dan memiliki aroma segar cocok sebagai campuran salad. Dimasak sepert tumisan juga enak.

5 dari 7 halaman

Spaghetti Squash

Ilustrasi labu madu. Shutterstock

Kerap disebut dengan nama butternut squash, labu madu juga punya julukan spaghetti squash. Pasalnya buah ini bisa diserut seperti mi. Cukup panggang atau kukus labu madu, lalu serut dengan garpu untuk mendapatkan pasta vegetarian.

Selain rendah kalori, labu madu juga kaya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

6 dari 7 halaman

Yam Noodles

Ilustrasi vegetable noodles. Foodal/Kendall Vanderslice

Ubi jalar kuning bisa menjadi variasi vegetable noodles yang cukup unik. Anda bisa mengukus ubi yang sudah diserut selama 3 menit agar teksturnya lebih lunak. Sebab yam noodles yang masih mentah akan terasa langu saat digigit.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Vegetable Noodles

Ilustrasi vegetable noodles. Shutterstock

Selain jenis-jenis mi sayuran di atas, Anda juga bisa membuat vegetable noodles dengan bahan-bahan lain. Misalnya pepaya muda, labu parang, lobak, bit, atau bengkuang. Cukup serut dengan spiralizer yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah di toko online atau toko perabot dapur.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat vegetable noodles.