Menggunakan Ikan Mentah, Amankah Kucing Makan Sushi?

Menggunakan Ikan Mentah, Amankah Kucing Makan Sushi?
Menggunakan Ikan Mentah, Amankah Kucing Makan Sushi?. ©Shutterstock
GAYA | 20 April 2021 07:30 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Buat penggemar seafood, mungkin sudah tidak asing dengan kuliner khas Jepang, sushi. Sering dibuat dengan daging ikan mentah, tak sedikit pemilik kucing yang bertanya-tanya jika hewan peliharaannya bisa memakannya sebagai treat. Ini penjelasannya!

Pembuatan Sushi

menggunakan ikan mentah amankah kucing makan sushi
©Shutterstock

Sushi dibuat dari nasi yang dibumbui dengan cuka yang dikombinasikan dengan ikan, baik yang dalam keadaan segar maupun sudah dimasak. Beberapa jenis sushi pun dibuat dengan potongan sayur dan bahan lainnya seperti rumput laut, telur ikan, maupun keju.
Selain jadi menu yang trending di seluruh dunia, membuatnya sendiri di rumah pun tak terlalu sulit. Tidak heran jika banyak orang mulai bertanya-tanya apakah aman berbagi sushi dengan kucingnya.

Bahaya Konsumsi Ikan Mentah

menggunakan ikan mentah amankah kucing makan sushi
©Shutterstock

Kebanyakan dokter hewan tidak menyarankan membagi sushi dengan kucing. Berbahan utama ikan mentah, enzim tiaminase di dalamnya akan memecah vitamin esensial atau tiamin. Padahal kekurangan zat ini dapat memicu masalah serius seperti kejang.

Selain itu, anabul juga bisa mengalami alergi dengan gejala-gejala seperti sulit bernafas, muntah, diare, atau ruam kulit. hati-hati memberikan ikan mentah yang bisa mengandung senyawa berbahaya, seperti tuna mentah dengan kadar merkuri yang dapat mengganggu kesehatan hewan peliharaan.

Nasi Memicu Obesitas

menggunakan ikan mentah amankah kucing makan sushi
©Shutterstock

Ikan mentah bukan satu-satunya pemicu gangguan kesehatan pada kucing yang memakan sushi. Nasi yang tinggi karbohidrat dapat memicu kenaikan berat badan, muntah, hingga diare. Selain itu, cuka yang digunakan untuk membumbui nasinya mungkin tidak menyebabkan masalah, tapi aromanya yang tajam biasanya akan membuat hewan peliharaanmu kehilangan nafsu makan.

Wasabi

menggunakan ikan mentah amankah kucing makan sushi
©Shutterstock

Banyak jenis sushi mengandung wasabi. Kebanyakan kucing mungkin akan menghindari memakan sushi yang mengandung wasabi karena tidak menyukai rasanya. Tapi jika tertelan, hati-hati karena wasabi yang berasal dari tanaman lobak dapat memberikan efek racun pada hewan peliharaanmu. Segera konsultasikan pada dokter hewan jika anabulmu mengalami muntah, diare, dan lemas.

Pilihan Lebih Aman

Ada berbagai jenis sushi yang terbuat dari bahan yang berbeda. Tapi ada beberapa bahan dalam pembuatan sushi yang cocok dimakan oleh kucing. Mulai dari udang baik mentah atau dimasak, alpukat, rumput laut dalam jumlah kecil, hingga mentimun yang tinggi kadar airnya.

Kesimpulannya, saran terbaik adalah menghindari pemberian sushi karena komponen utama dari hidangan khas Jepang ini yang dapat membahayakan anabulmu. Sebaiknya tawarkan cat food yang pasti memberikan nutrisi yang dibutuhkan dan terjamin aman, seperti Muezza.

menggunakan ikan mentah amankah kucing makan sushi
©Merdeka

Dibuat dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Pemilik anabul pun kini bisa lebih leluasa membelai hewan peliharaannya tanpa was-was terkena liurnya, juga saat mencuci mangkuk makannya, hingga mencari lokasi penyimpanan cat food.

Soal rasa, Muezza punya 4 varian yang bakal disukai kucing seperti Tuna Flavor yang jadi best seller, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. Dapatkan varian yang jadi favorit anabulmu, dengan memesannya di Shopee maupun Tokopedia! (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami