Menurut Pakar Etiket, Ini 7 Perilaku Paling Tak Sopan di Pesawat yang Perlu Dihindari

GAYA | 30 Oktober 2019 11:18 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Perjalanan jauh dengan pesawat terbang bisa melelahkan. Apalagi jika waktu yang dibutuhkan mencapai berjam-jam.

Tak seperti transportasi darat, Anda tak bisa minta turun di perjalanan jika merasa tak nyaman. Karena itulah setiap penumpang perlu menyadari kalau kenyamanan perjalanan merupakan tanggung jawab bersama.

"Saat Anda terjebak di ruang yang sempit [seperti pesawat], Anda harus berperilaku sangat baik," tutur Jodi R.R. Smith, presiden Mannersmith Etiquette Consulting.

"Kita semua perlu sampai ke tujuan secepat dan seaman mungkin, dan sikap baik serta pengertian akan membuatnya lebih baik."

Menurut Smith, ada hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat Anda bepergian dengan pesawat. Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 7 halaman

Membawa Makanan Berbau Menyenyat di Pesawat

Anda tidak tahu apakah penumpang di sekitar Anda sedang tidak enak badan atau mudah mual saat mencium aroma tertentu. Jadi usahakan untuk tidak membawa makanan dengan aroma menyengat di dalam pesawat. Apalagi bau-bauan lebih mudah menyebar di ruang tertutup seperti pesawat.

Selain makanan yang beraroma tajam, Smith juga menyarankan penumpang lebih sadar diri dengan bau badan masing-masing. Jika diperlukan, tak ada salahnya pergi ke toilet sebentar untuk menyemprotkan deodoran.

2 dari 7 halaman

Memotret dan Mengunggah Foto Penumpang Lain

Diam-diam mengambil foto penumpang lain dan mengunggahnya di jejaring sosial tanpa izin juga dianggap tak sopan.

"Kecuali ada situasi darurat, mengunggah foto penumpang lain untuk menertawakan baju yang mereka pakai, barang yang mereka bawa, atau aktivitas yang sedang mereka nikmati itu tidak sopan," tutur pakar etiket Diane Gottsman.

3 dari 7 halaman

Berisik Sepanjang Perjalanan

Anak kecil yang menangis dan sulit ditenangkan saat perjalanan udara memang tak bisa dihindari. Tetapi lain soal kalau Anda sengaja memainkan video game dengan volume suara tinggi atau menonton film tanpa menggunakan earphone.

Bercakap-cakap dengan suara berisik saat penumpang lain mencoba tidur juga termasuk perilaku yang sangat tidak toleran.

4 dari 7 halaman

Melanggar Ruang Privasi Penumpang Lain

"Di pesawat, mereka menjadikan ruang privasi kita semakin kecil dan kecil," tutur Smith. "Beberapa orang mencoba menyelipkan kaki di celah kursi yang ada di depan mereka. Itu bukan bagian dari ruang privasi Anda. Kaki Anda tidak sepantasnya menyentuh lengan orang lain."

Menghargai ruang privasi penumpang lain juga memperkecil kemungkinan penyebaran virus dan kuman. Gottsman menyarankan agar penumpang lebih berhati-hati saat bersin atau batuk.

5 dari 7 halaman

Hormati Pramugari dan Pramugara

"Pramugari ada di sana untuk keamanan Anda, tetapi penumpang tidak memahaminya dan berpikir mereka cuma ada di sana untuk membawakan minuman," kata pakar etiket internasional Jacqueline Whitmore.

"Jangan berteriak kepada mereka. Jangan memperlakukan mereka seperti pembantu," saran Smith.

6 dari 7 halaman

Menyinyiri Penumpang yang Bayinya Menangis

"Saya berharap para penumpang lebih sabar saat berada di pesawat. Jika seorang anak kecil menangis sampai menjerit-jerit di kursi belakang, tak banyak yang bisa dilakukan orangtuanya kecuali berusaha menenangkan si anak," jelas Smith. "Si orangtua sudah cukup lelah dan malu. Tatapan mencibir Anda kepada mereka tidak akan membantu meredakan suasana."

Daripada nyinyir, Smith menyarankan penumpang untuk menawarkan bantuan jika mereka memang bisa. Siapa tahu Anda punya bakat membuat balita tertawa atau punya mainan kecil yang bisa membantu mengalihkan perhatian mereka.

7 dari 7 halaman

Membiarkan Anak Berlarian di Pesawat

Lain perkara dengan bayi yang menangis di pesawat, orangtua dengan anak yang sudah cukup umur bisa memberikan peringatan agar si anak tidak berisik atau lari-larian di pesawat. Orangtua yang acuh saat anaknya menyebabkan ketidaknyamanan kepada penumpang lain bisa disebut tak sopan.

Itulah hal-hal tak sopan yang sebaiknya dihindari saat Anda menempuh perjalanan dengan pesawat terbang. (mdk/tsr)

Baca juga:
4 Tips Tidur Nyaman di Pesawat saat Perjalanan Jauh
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari untuk Dikonsumsi Saat Bepergian
Anti-Fraud Traveloka PayLater, Begini Penjelasannya
Cuti Terbatas Cuma Bisa Liburan Singkat, Siapa Takut?
Pintar Memanfaatkan Fitur Layanan Tambahan Dalam Penerbangan