Menurut Pakar, Ini 6 Hal Terburuk yang Tak Seharusnya Diucapkan Anak kepada Orangtua

Menurut Pakar, Ini 6 Hal Terburuk yang Tak Seharusnya Diucapkan Anak kepada Orangtua
Ilustrasi pertengkaran orangtua dan anak. ©Shutterstock
GAYA | 16 April 2020 09:50 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kata-kata bisa menyakiti sedemikian rupa, terutama ketika diucapkan oleh orang-orang yang paling kita sayangi. Kalimat pedas dari orangtua bisa melukai hati seorang anak. Namun sebuah kalimat yang menyakitkan dari mulut anak pun bisa membuat orangtua merasa terpuruk.

"Pada tingkat tertentu, sebagian besar orangtua bertanya-tanya apakah mereka orangtua yang baik dan apakah mereka telah melakukan yang terbaik untuk anak-anak," tutur Elizabeth Jeglic, PhD, dosen psikologi di John Jay College dan penulis Protecting Your Child from Child Abuse: What You Need to Know to Keep Your Kids Safe. "Ketika anak-anak mengatakan hal menyakitkan, [kata-kata] itu menyentuh ketakutan dan rasa tidak aman tersebut, menjadikannya terasa lebih nyata, mengakibatkan rasa sakit."

Seperti dilansir Reader's Digest, ini kalimat-kalimat paling menyakitkan yang tak seharusnya diucapkan seorang anak kepada orangtua serta kalimat alternatif yang bisa dipilih untuk menyampaikan ketidaksetujuan kepada mereka.

Baca Selanjutnya: 1 "Ibu temanku jauh lebih...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami