Menurut Penelitian, Gen Juga Berpengaruh Terhadap Kebahagiaan dalam Urusan Asmara

GAYA | 4 Agustus 2019 00:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Hubungan yang bahagia itu terletak pada cara pasangan memperlakukan satu sama lain. Intinya memang usaha dan ketelatenan. Namun ternyata, faktor genetik pun ikut berpengaruh. Sedikit banyak, gen yang ada di dalam tubuh juga ikut berperan dalam menentukan apakah seseorang 'berbakat' bahagia atau tidak.

1 dari 3 halaman

Oxytocin Receptor (OXTR), Pemicu Kebahagiaan

Sebuah penelitian yang dilakukan tim ahli dari America's Binghamton University menemukan bukti bahwa sebagian orang memiliki kecenderungan untuk bahagia dalam hubungan asmara. Mereka yang memiliki kombinasi gen bernama Oxytocin Receptor (OXTR) ternyata memiliki kecenderungan menjadi pasangan yang peduli dan lebih mudah merasa bahagia.

2 dari 3 halaman

OXTR Membawa Sikap Positif dalam Hidup dan Hubungan

Orang dengan gen OXTR akan menunjukkan sikap yang selalu positif. Gen ini membantu menentukan bagaimana tubuh mengatur oksitosin, hormon yang terkait dengan perasaan cinta, keterikatan, dan perilaku sosial lainnya. Dengan kata lain, orang dengan memiliki lebih banyak gen ini secara umum akan lebih bahagia dalam hidupnya, tak terkecuali dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

3 dari 3 halaman

Ada Juga Genotipe OXTR yang Bikin Orang Tidak Bahagia

Tes DNA yang dilakukan peneliti juga menemukan bukti bahwa ada gen yang mencegah kebahagiaan, yaitu ketika suami yang memiliki genotipe OXTR tertentu akan cenderung merasa tak puas dengan dukungan apa pun yang diberikan pasangannya.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
11 Artis Cantik Korea yang Pernah Gagal Berumah Tangga
Pasangan yang Sering Selfie Bareng Lebih Rentan Berpisah, Kok Bisa?
Hati-Hati Risiko Diselingkuhi Jika Pasangan Punya 3 Ciri Ini
Ini 5 Bahasa Tubuh yang Tandakan Dia Tak Tertarik, Tak Usah Buang Waktu PDKT
Kata Psikolog, Ini Alasan Wanita Suka Pria Berseragam

TOPIK TERKAIT