Meremajakan, Mencerahkan, dan Menjadikan Kulit Bersinar dengan Scrub Gula dan Tomat

GAYA | 26 Januari 2019 08:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Eksfoliasi alias pengelupasan kulit mati merupakan rutinitas kecantikan yang perlu dilakukan secara teratur, setidaknya dua minggu sekali dan tidak boleh lebih dari seminggu sekali. Proses pengelupasan ini penting untuk meremajakan kulit kembali.

Belakangan semakin banyak salon kecantikan yang menawarkan paket perawatan eksfoliasi berupa chemical peeling atau TCA peeling. Tetapi sebenarnya Anda juga bisa melakukan perawatan ini sendiri di rumah. Anda bisa mencoba melakukan eksfoliasi dengan scrub gula pasir dan tomat yang direkomendasikan oleh Care2.

Gula pasir merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk proses eksfoliasi. Teksturnya yang agak kasar mampu mengangkat lapisan kulit mati yang membandel, memunculkan kulit baru yang lebih lembut dan sehat. Itu karena gula mengandung asam glikolik, alpha hydroxy acids alami yang bisa mengelupas tanpa membahayakan kesehatan kulit.

Ilustrasi gula pasir © Shutterstock


Alpha hydroxy acids dalam buah tomat bermanfaat untuk mengelupas sel kulit mati secara alami. Kombinasikan dengan yogurt yang memiliki kandungan lactic acid. Lactic acid sendiri mampu mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Ilustrasi tomat ©2018 Merdeka.com/Pixabay


Ilustrasi yogurt dan bawang putih Epicurious


Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan scrub dari gula pasir, tomat, dan yogurt.

Scrub Gula Pasir dan Tomat

Bahan:

  • 50 gram gula pasir berbutir halus
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sendok makan yogurt tawar

Langkah:

  1. Cincang halus tomat dengan pisau dan talenan yang higienis. Campur dengan gula pasir dan yogurt tawar. Aduk sampai menjadi pasta kental.
  2. Oleskan campuran scrub pada wajah yang sudah dibersihkan. Gosok lembut dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 10-15 menit.
  3. Bilas wajah dengan air hangat. Setelah itu keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk lembut.

Setelah melalui proses eksfoliasi dengan scrub gula pasir dan tomat, wajah akan terasa lebih lembut secara instan. Kulit juga terlihat lebih bersinar. Jika dilakukan secara rutin bahkan bisa mencerahkan kulit, lho. Pasalnya tomat dan yogurt juga mengandung bahan pencerah alami.

Baca juga:
8 Produk Skincare Praktis untuk Merawat Kulit Saat Traveling
58 Hal tentang Jerawat, dari Penyebab, Pantangan, hingga Cara Mengatasinya
7 Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Perawatan Kecantikan
7 Khasiat Kulit Pisang yang Menakjubkan untuk Kecantikan
Miliki Wajah Bersinar dan Bebas Masalah dengan Facial Es Batu Kunyit

(mdk/tsr)